News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MG New ZS EV Mulai Dirakit di Cikarang Februari 2024, TKDN 40 Persen

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dewan Direksi MG Motor Indonesia bersama unit MG ZS EV di MG Art Installation 'Charge Up The Future, Charge Up The Nation'di Ashta, Jakarta, Rabu 15 November 2023.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - MG Motor Indonesia akan mulai merakit mobil listrik pertamanya New MG ZS EV, di pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat, mulai Februari 2024.

Untuk perakitan lokal di Indonesia, New MG ZS EV akan dirakit secara completely knocked down (CKD).

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, pabrik perakitan ini dilengkapi dengan lini produksi otomatis, pusat pengujian kualitas, dan fasilitas perakitan baterai EV menggunakan teknologi robotika modern dan sistem manajemen produksi berbasis AI untuk efisiensi produksi.

"Pabrik ini dirancang untuk mematuhi standar lingkungan internasional, dengan inisiatif seperti penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah nol," ujar Arif Syarifudin di Ashta, Jakarta, Rabu 15 November 2023.

Dia mengatakan, perakitan New MG ZS EV ini akan memberikan dampak pada berbagai aspek pada sektor otomotif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari penguatan ekonomi nasional berkat potensi ekspor, perluasan lapangan kerja serta pertukaran pengetahuan dan teknologi untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, juga diyakini akan mengukuhkan posisi Indonesia di industri global yang menargetkan untuk menjadi basis elektrifikasi di Asia Tenggara dan mampu memproduksi hingga 600 ribu mobil listrik hingga 2030.

Untuk tingkat kandungan komponen dalam negeri atau TKDN, dia mengatakan mobil ini akan memiiki TKDN 40 persen kandungan lokal di awal perakitan dengan target meningkat hingga 60 persen di tahap selanjutnya.

Baca juga: Bisa Tempuh Jarak 403 Km, Mobil Listrik New MG ZS EV Bisa Dipesan di GIIAS 2023

Dia mengklaim, pembangunan pabrik ini akan menciptakan ribuan pekerjaan langsung, dengan program pelatihan tenaga kerja yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan di bidang manufaktur dan teknik otomotif.

"(Perakitan lokal) ini merupakan langkah penting bagi kami dan industri otomotif Indonesia. New MG ZS EV tidak hanya membawa inovasi, tetapi juga membuka bab baru dalam elektrifikasi kendaraan di negara kita," ujarnya.

Baca juga: MG Motor Indonesia Akan Investasi Fasilitas Produksi Lokal

Perakitan lokal ini juga akan dilakukan untuk model mobil listrik keduanya, yakni MG 4 EV yang akan dilakukan di kuartal kedua (April-Juni) 2024.  "Kami juga bersiap memproduksi MG 4 EV di tanah air pada kuartal kedua tahun 2024," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini