News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perangkat Ini Mudahkan Bengkel Tangani Masalah di Kaki-kaki Mobil

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aplikasi Kyoto Shaking Machine untuk mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kaki-kaki mobil yang bermasalah kini makin mudah penanganannya seiring dengan makin berkembangnya teknologi perawatan kendaraan.

Inovasi ini datang dari Kyoto Indonesia dengan alat Kyoto Shaking Machine yang memudahkan diagnosa permasalahan kaki-kaki mobil.

Peranti ini dilengkapi sistem elektrikal yang low maintenance yang bekerja dengan cara mengguncangkan keempat titik kaki-kaki mobil.

Pada proses guncangan ini, perangkat akan mendeteksi bunyi malfungsi atau bunyi tidak normal, yang biasanya timbul dari kaki-kaki mobil yang bermasalah.

Pengelola bengkel mobil jadi mudah menentukan diagnosa dari sumber bunyi tersebut menjadi lebih akurat, tanpa harus melakukan test drive atau tes jalan.

Bengkel yang mengaplikasikan perangkat ini adalah Rotary Auto di Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan. Mereka mengklaim telah menyelesaikan problem kaki-kaki pada lebih dari 1.000 unit mobil sejak masa uji coba pada 15 Desember 2023 lalu.

Kyoto Shaking Machine sendiri sebelumnya diperkenalkan dalam sesi uji coba gratis selama dua bulan di bengkel ini.

Founder dan CEO Kyoto Indonesia Ferry Jensen mengatakan pihaknya ingin lebih banyak menjangkau lebih banyak penggunadi masa mendatang.

Baca juga: Bisa Picu Baret, Ini Tanda Wiper Mobil Wajib Diganti

"Kedepannya, kami akan lebih menjangkau para pengguna mobil di kota-kota lain di seluruh Indonesia agar problem kaki-kaki mobil yang selama ini dikeluhkan, mendapat analisa yang tepat, cepat, akurat dan efisien," kata dia.

"Awalnya,customer ragu untuk melakukan pengecekan kaki-kaki mobilnya di bengkel kami, tapi semenjak adanya Kyoto Shaking Machine, kami sebagai bengkel pun tau dimana letak penyebab sebenarnya pada kaki-kaki pada mobil customer. Akhirnya, setelah pakai alat ini, customer menjadi yakin," ujar Supervisor Bengkel Rotary Auto Veteran, Adi Purwanto, tentang pengalaman menggunakan perangkat ini.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mendadak Mati, Pemicu Mesin Overheat

Rotary Auto rencananya akan memasang juga peranti ini sejumlah jaringan bengkel yang dikelolanya dan di jaringan bengkel mitra di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi hingga Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini