News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PEVS 2024

Kymco Perluas Battery Swap Station, Operasikan Hampir 40 Lokasi BSS di Jatabek

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Booth Kymco di pameran kendaraan listrik PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM - Mendukung upaya Pemerintah Indonesia mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, Kymco iONEX memperluas jaringan penukaran baterai (battery swap) sepeda motor listrik di berbagai wilayah terutama di Jakarta, Tangerang dan Bekasi (Jatabek).

Kymco iONEX Battery Swap Station (BSS) selama ini telah digunakan oleh ribuan pengendara motor listrik di wilayah JaTaBek dan mencapai 600.000+ kali swap di tahun 2023 menurut data iONEX System Management.

Direktur Kymco Chen Jun Lung mengatakan, saat ini Battery Swap Station (BSS) telah tersebar di hampir 40 titik di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi (Jatabek) di lokasi lokasi strategis di 3 perusahaan besar, yakni Grab, Kentucky Fried Chicken (KFC) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Penentuan lokasi BSS ini didasarkan atas beberapa pertimbangan seperti kemudahan akses wilayah, dapat diakses setiap waktu serta tingkat keamanan dan kenyamanan saat customers melakukan penggantian baterai.

“Battery Swap Station (BSS) akan terus kami perluas demi memenuhi kebutuhan pelanggan, target kami di tahun 2024 ini akan membuka BSS di 50 lebih titik strategis di wilayah Jatabek,” ungkap Chen Jun Lung, Sabtu, 4 Mei 2024.

Dia menambahkan, perluasan Battery Swap Station oleh Kymco iONEX merupakan salah satu dukungan kepada kebijakan pemerintah, dimana menurut DIrjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mendorong adanya skema pembelian kendaraan bermotor listrik tanpa baterai,yaitu dengan konsep tukar baterai atau Swap Battery.

“Kymco iONEX Battery Swap Station (BSS) mengedepankan keamanan, kecepatan dan tanpa waktu tunggu serta kenyamanan untuk pelanggan,” ujarnya.

Stasiun penukaran baterai ini sangat membantu operasional para pengemudi Ojek Online dengan berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki.

Dia menjelaskan, salah satu keunggulan yang dimiliki oleh BSS KYMCO iONEX, adalah dapat mengisi ulang daya baterai hingga 80 persen hanya dalam 1 jam.

  1. Baca juga: Kymco Boyong Skuter Listrik Agility EV, Ramaikan PEVS 2024

Sementara, untuk mengisi daya baterai hingga penuh 100 persen dibutuhkan waktu 2 jam saja dan tidak disarankan untuk melakukannya di rumah demi keamanan.

Terkait proses penukaran baterai di BSS, dia mengatakan, pemilik kendaraan hanya membutuhkan waktu +10 detik saja. Dimana pelanggan hanya perlu memasukkan baterai yang sudah mendekati 20 persen dan BSS akan otomatis mengeluarkan baterai yang sudah terisi penuh.

Baca juga: Kymco Pasarkan Skuter Listrik Imut Ionex Many 110 EV dengan Layanan Tukar Baterai

Menurutnya, pemilik kendaraan tidak perlu lagi melakukan scan barcode ataupun membuka aplikasi saat penukaran baterai.

BSS Kymco iONEX beroperasi 24 jam per hari, 7 hari dalam seminggu dengan penyeimbangan beban dan cadangan tenaga di bawah pengelolaan cloud milik iONEX System Management untuk memastikan operasi otonom yang aman dan tanpa gangguan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini