News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kotak Suara Pemilu di Karimum Terbuat dari Kardus

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Batam, Rachta Yahya

TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN -- Pemilu 2014 akan dilangsungkan 9 April 2014. Berbagai persiapan sudah dilakukan KPU Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, untuk menyongsong Pemilu 2014 di Bumi Berazam. Salah satunya berkaitan dengan keperluan logistik.

KPU Karimun tengah melakukan rekapitulasi logistik yang telah dikirim KPU Provinsi Kepri, seperti kotak suara dan bilik suara. Kotak suara yang telah dikirim KPU Provinsi Kepri baru berjumlah 70 unit, sisanya sekitar 3 unit lagi.

Uniknya, kotak suara kini tidak terbuat dari seng atau aluminium seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya. Melainkan terbuat dari kardus. Tujuannya untuk efisiensi.

Selain itu KPU Kabupaten Karimun juga sudah menerima sampul Pileg untuk DPR RI, DPD RI, DPRD tingkat I dan DPRD tingkat II. Saat ini disimpan di dalam gudang logistik KPU Kabupaten Karimun di bekas diskotek Alvacino, Kapling, Kecamatan Tebing, yang disewa KPU Kabupaten Karimun sejak Desember 2013.

Ditambahkan Raja Anwar, untuk kotak suara yang telah didata terdapat 1.962 buah, bilik suara sebanyak 1.736 buah. Untuk surat suara nanti akan ditentukan berdasarkan jumlah pemilih yang ada di Kabupaten Karimun.

"Jadi dalam satu TPS akan diberikan 4 kotak suara dan bilik suara. Di mana 4 kotak suara tersebut terdiri kotak suara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten atau Kota dan DPD. Kami masih menunggu tambahan logistik lainnya dari Provinsi.

Bantuan logistik dari KPU Pusat direncanakan pada H-15 Pemilu. Begitu diterima akan didistribusikan secara berjenjang dari KPU Kabupaten Karimun ke PPK dan PPS," ujar Ketua Divisi Logistik KPU Kabupaten Karimun, Raja Anwar, kepada Tribun, Sabtu (4/1/2014).

Terkait jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Ketua Divisi Logistik KPU Kabupaten Karimun itu mengatakan terdapat sedikitnya 491 TPS. Untuk pengadaan logistik tersebut, Raja Anwar menjelaskan dilakukan lelang terdiri dari 3 tingkatan.

Lelang logistik berupa tinta, surat suara, dan segel lelang dilakukan oleh KPU Pusat. KPU Provinsi melelang logistik seperti sampul, bilik suara dan kotak suara.

Sementara KPU Kabupaten atau Kota hanya tinggal melengkapi logistik alat kelengkapan di TPS. Untuk alat kelengkapan di TPS, terang Raja, KPU Kabupaten Karimun sudah terdapat sebelas item.

Di antaranya alat coblos seperti paku, karet, bantalan dan tanda pengenal. Alat kelengkapan untuk Petugas Pemilih Kecamatan (PPK), dikatakan Raja, sudah tiba di gudang.

"Selanjutnya akan dilakukan penyusunan untuk masing-masing TPS. Kotak suara nantinya akan kami beri tempelan stiker agar pemilih tidak salah memasukkan surat suara," jelasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini