News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Presiden 2014

Soal Poros Keempat, PAN Terbuka untuk Demokrat

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Rendy Sadikin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Drajad Wibowo (dua kiri) bersama Sekjen PAN, Taufik Kurniawan (tiga kiri) menyerahkan daftar bakal calon legislatif sementara kepada petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2013). Hari Senin ini merupakan hari terakhir partai politik (parpol) menyerahkan daftar caleg ke KPU. Warta Kota/Henry Lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat mulai mewacanakan poros keempat menghadapi pemilihan presiden. Wacana tersebut mendapatkan tanggapan dari sejumlah partai, tidak terkecuali Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo mengatakan pihaknya selalu menawarkan gagasan kepada calon mitra koalisi. Ia menjelaskan syarat yang diajukan PAN yakni komitmen untuk penerapan pasal 33 dan 34 UUD 45.

"Kedua, bang Hatta sebagai capres atau cawapres," kata Dradjad ketika dikonfirmasi, Minggu (27/4/2014). Kemudian, kata Dradjad, kebersamaan dalam pemenangan pilpres, dan implementasi program-program kebijakan apabila diberi amanat rakyat menjadi Presiden dan Wapres.

"Parpol lain adalah calon-calon mitra koalisi yang kami hormati, dengan kemitraan yang sebenar-benarnya. Jadi tawaran tersebut disampaikan kepaad semuanya termasuk PD. Jika jodoh, tentu akan berkoalisi. Kita lihat saja bagaimana hasil dari diskusi-diskusi pembentukan koalisi ini nanti," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Johny Allen Marbun, menegaskan partainya sangat bisa untuk mengajukan calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2014 dengan membentuk poros tandingan, poros keempat koalisi partai politik.

"Sangat bisa kami bentuk poros keempat. Perolehan kursi Demokrat di DPR 70 orang dan tinggal butuh sekitar 52 kursi Dewan untuk mengajukan Capres-Cawapres," kata Johny usai menghadiri rapat dengan DPD 1 Demokrat di kediaman SBY Puri Cikeas Bogor Jawa Barat, Minggu (26/4/2014), malam.

Di tempat yang sama, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengakui muncul gagasan dari para ketua DPD Demokrat untuk membuat poros keempat sehingga Demokrat dengan mitra koalisi bisa mengajukan capres dan cawapres di Pilpres. "Itu saran ketua DPD dan didengar oleh Pak SBY," kata Syarief.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini