News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2014

Jelang Pengumuman Hasil Pilpres, Polres Depok Siagakan 1 Kompi Pasukan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bersama Kapolda Jabar, Irjen Pol M Iriawan memeriksa pasukan saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2014 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (21/7/2014). Polda Jabar bersinergi dengan instansi terkait, yaitu TNI, Dishub, Pramuka, Satpol PP, dan ormas dalam rangka memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1435 H. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu kompi pasukan disiapkan Polresta Depok untuk pengamanan di wilayah Kota Depok serta menutup kemungkinan aksi pergerakan massa, saat pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu Presiden secara nasional pada 22 Juli 2014 besok.

Seratus personel polisi itu juga siap dikerahkan bergerak untuk mendukung pengamanan yang dilakukan polisi mulai dari Gedung KPU sampai setiap sisi wilayah Jakarta.

Kepala Bagian Operasi Polresta Depok, Kompol Tri Yulianto mengatakan diluar itu seluruh personel Polresta Depok bersiaga penuh mengantisipasi adanya dampak yang terjadi saat pengumuman hasil rekapitulasi nasional atau paska pengumuman.

"Kami sudah siaga I dalam arti kewaspadaan dan siaga penuh sejak rapat pleno penghitungan suara tingkat Kota Depok, Rabu (16/7/2014-Red) lalu," katanya Senin (21/7/2014).

Menurutnya, sejak itu pengamanan obyek vital terus ditingkatkan. Walaupun begitu, Tri mengatakan sejauh ini, pihaknya belum melihat dan menemukan adanya indikasi kericuhan di Kota Depok saat rekapitulasi nasional dilakukan Selasa besok.

"Sampai saat ini, Kota Depok tetap kondusif dan aman," katanya.

Tri mengatakan, pihaknya tetap percaya bahwa masyarakat Depok, akan menghindari kericuhan dan tak mudah diprovokasi. "Ini sudah terlihat dalam rapat pleno tingkat Kota beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menjelaskan sesuai instruksi dan prosedur tetap yang ada, pihaknya akan bertindak tegas jika ada pihak-pihak yang berupaya membuat. kekacauan di Kota Depok.

"Pasti kami tindak tegas sesuai perintah atasan yakni bertindak sesuai dengan prosedur atau SOP yang ada," ujarnya.

Menurut Tri seluruh kekuatan personel kepolisian Polresta Depok termasuk dari 11 Polsek dibawahnya akan tetap waspada dan siaga dalam melakukan pengamanan di tengah masyarakat, serta mengantisipasi terjadinya kemungkinan kericuhan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kasubag Humas Polresta Depok, Iptu Bagus Suwardi menuturkan satu kompi pasukan atau sebanyak 100 personel yang disiagakan pihaknya itu akan bergerak taktis menjaga keamanan di wilayah Depok, dan juga sekitaran DKI Jakarta, pada saat rekapitulasi nasional Selasa besok.

Selain itu, katanya mereka disiapkan untuk membantu pengamanan apabila Polda Metro Jaya membutuhkan bantuan tambahan personil.

Namun, kata Bagus, pihaknya tetap berharap rekapitulasi berjalan kondusif, lancar dan aman tanpa ada gejolak berarti.

"Kami berharap pengumuman hasil Pilpres oleh KPU, berjalan lancar dan kondusif. Kami juga siap membatu Polda Metro Jaya apabila membutuhkan personil tambahan," katanya. (Budi Sam Law Malau)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini