News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2014

Mudik Gratis Relawan Jokowi-JK Habiskan Dana Rp 700 Juta

Penulis: Abraham Utama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden yang terpilih pada pilpres 2014, Joko Widodo, melambaikan salam tiga jari kepada 2500 pemudik yang mengikuti program Gotong Royong Mudik Lebaran di Senayan, Jakarta, Jumat (25/7/2014) sore. (Tribunnews/Abraham Utama)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abraham Utama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Media Center Pemenangan Jokowi-JK menggelar mudik gratis bertema 'Gotong Royong Mudik Lebaran', Jumat (25/7/2014). Dana yang harus mereka keluarkan untuk kegiatan ini terbilang fantastis, yakni lebih dari 700 juta rupiah.

Zuhairi Misrawi, Ketua Tim Media Center Pemenangan Jokowi JK, mengatakan timnya menyiapkan 50 bus pariwisata dengan harga sewa sebesar 14 juta rupiah untuk setiap bus.

Mereka setidaknya juga harus mengeluarkan dana untuk menyewa lahan parkir timur Gelora Bung Karno, panggung, membayar catering, dan beberapa musisi.

Saat konfirmasi sumber pendanaan ini, Zuhairi menuturkan para relawan yang melakukan patungan. "Bukan dana kampanye karena dana kampanye tidak boleh digunakan untuk kegiatan apa pun setelah pemilu," ujarnya.

Sementara itu, Jokowi mengaku tidak mengetahui berapa total biaya untuk program mudik gratis ini. "Dananya tanya relawan. Saya hanya disuruh memberangkatkan," ucapnya.

Mudik gratis ini diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan Jokowi-JK pada pemilihan presiden lalu.

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan ini sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019, Selasa (22/7/2014) malam, Tim Media Center Pemenangan Jokowi-JK langsung membuka pendaftaran keesokan harinya.

Zuhairi berkata, 2500 orang mengikuti mudik gratis ini. Sebagian dari mereka adalah relawan Jokowi-JK, sisanya merupakan warga ibukota.

"Kami tidak bisa memberi apapun pada relawan kecuali bus gratis," tuturnya.

Enam kota menjadi tujuan akhir mudik gratis ini. Rinciannya, 7 bus ke Semarang, 14 bus ke Solo, 10 bus ke Yogyakarta, 6 bus ke Purwokerto, 10 bus ke Surabaya, dan 3 bus ke Madura.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini