News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Fokus Pada Pengembangan Kompetensi, Mahasiswa Baru UP Minati Program Merdeka Belajar

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (PKKMB), 6-10 September 2021.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Pancasila menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)  Universitas Pancasila secara daring dan diikuti 2.050 mahasiswa baru pada 6-10 September 2021.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dari siswa SMA menjadi mahasiswa, dalam rangka proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor Universitas Pancasila Prof Dr Edie Toet Hendratno SH MSi FCBArb menjelaskan, perguruan tingginya sudah mengikuti Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Program-program di dalamnya fokus pada pengembangan kompetensi para mahasiswa baik soft skill maupun hardskill.

Dia menjelaskan, banyak mahasiswa UP yang berminat mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Matching Fund, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Indonesian International Student Mobility Awards, Magang Bersertifikat, Studi Independen, Riset Penelitian dan Wirausaha.

Saat ini dan ke depan, kegiatan ini akan terus didorong agar semakin lama semakin banyak mahasiswa yang menjadi peserta.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim Tugas Lewat Aplikasi Google Classroom saat Belajar Online

"Karena Konsep MBKM pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan diluar kelas," ujar Rektor Prof Edie.

Dia menambahkan, program semacam ini  tidak hanya meningkatkan kompetensi namun juga networking mahasiswa.

Prof Edie juga berpesan, salah satu kunci meraih sukses adalah disiplin. Karena itu, dia meminta mahasiswa program S1 yang baru masuk ke dunia kuliah harus segera melatih manajemen waktu dan penyelesaian tugas.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) Dr. Ir. (HC) Siswono Yudo Husodo juga berpesan agar para mahasiswa baru menjadi pembelajar yang aktif.

Yakni, yang bukan hanya mengambil pelajaran dari para dosen tapi juga aktif menggali ilmu dari teman dan dari seluruh sumber pembelajaran di dunia ini yang dengan mudah diakses.

Baca juga: Seru! Zaskia Mecca Siasati Kekhawatiran Sekolah Tatap Muka dengan Ajak Anak Belajar di Alam

Mahasiswa baru juga dihimbau untuk memanfaatkan berbagai program di UP.

Saat ini, program studi di UP sudah 80 persen terakreditasi A dan sedang menuju Akreditasi Unggul. Sedangkan untuk program D3 akan segera diupgrade menjadi D4 atau terapan.

Siswono menyatakan, jika mahasiswa dapat lulus tepat waktu, semakin besar kesempatan untuk menjadi lulusan professional sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing yang berguna di dunia kerja atau menjadi entrepreneur sebagai pebisnis pemula/start up business.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini