News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelajar Harus Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pelajar. Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi para pelajar untuk tetap berprestasi di tengah keterbatasan.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi para pelajar untuk tetap berprestasi di tengah keterbatasan.

Pembina OSIS SMA Semesta Jumiko mengatakan prestasi tetap dapat diukir para pelajar di tengah pandemi Covid-19 lewat Semesta Day.

"Dalam Semesta Day 2022, Sekolah Semesta mengajak seluruh pelajar Indonesia dari jenjang TK hingga menengah atas untuk mengikuti perlombaan dan terus berprestasi di tengah pandemi," ujar Jumiko melalui keterangan tertulis, Senin (3/1/2022).

Semesta Day 2022 digelar Sekolah Semesta dari Semarang, Jawa Tengah dengan mengusung tema ‘Uniting Diversity In The Midst of Pandemic’.

Acara tahunan yang dilaksanakan untuk merayakan ulang tahun Semesta BBS Semarang ini akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Januari sampai 29 Januari 2022.

"Semesta Day merupakan salah satu media dan sarana yang tepat bagi para guru dan siswa untuk bisa menumbuhkan karakter peserta didik yang berani, sopan dan berjiwa kompetitif. Sehingga muncul generasi muda yang berdaya saing maju, berkompeten, dan berbudi pekerti luhur di lingkungan masyarakat," jelas Jumiko.

Baca juga: Jumlah Pasien Covid-19 di New York dan Prancis Terus Melonjak

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, kata Jumiko, merekomendasikan kegiatan Semesta Day sebagai sarana pelajar Indonesia untuk berprestasi.

Tahun ini ada berbagai jenis lomba yang diselenggarakan di acara Semesta Day.

Lomba pertama GASIBU yang bisa diikuti oleh pelajar Indonesia yang mempunyai bakat dalam seni.

Lalu ada JOURASIC, untuk para pelajar yang mempunyai minat di bidang jurnalistik untuk menyalurkan bakat

Selanjutnya, ada lomba SEC. Lomba ini bisa menjadi ajang untuk melatih dan menguji kemampuan bahasa Inggris para peserta. Selain itu, terdapat kompetisi COSMIC.

Baca juga: Dua Petugas Bandara Soekarno-Hatta Positif Covid-19 Varian Omicron

"Lomba ini bisa diikuti oleh pelajar Indonesia yang berminat mengikuti ajang pada kompetisi sains dan matematika," ungkap Jumiko.

Selain menyelenggarakan lomba tersebut, Semesta Day juga menyelenggarakan kegiatan lain seperti mengumpulkan barang bekas layak pakai yang akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan. Kegiatan ini disebut dengan ON-HERE.

Pada ajang Kompetisi Sains Nasional 2021, Sekolah Semesta kembali mendapatkan 9 Medali, yaitu 1 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu di KSN 2021.

Baca juga: Satgas Covid-19 Terbitkan Daftar Lokasi Karantina Terpusat dan Ketentuan bagi WNI dari Luar Negeri

Di kancah Internasional sekolah Semesta meraih medali emas di International Olympiad in Informatics (IOI 2021) di Singapura dan medali perunggu di International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA 2021) di Kolombia.

Hadiah yang bisa didapatkan para pemenang lomba, dengan total hadiah kurang lebih Rp 50.000.000. (lima puluh juta rupiah).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini