TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 245 246 247 Kurikulum Merdeka.
Pada buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 245-247 memuat Aktivitas PLB-K7-02: Pengenalan Makey Makey.
Tujuan pada aktivitas ini adalah agar siswa mengetahui masukan dan keluaran dari Makey Makey dan mengetahui objek-objek yang dapat digunakan bersama dengan Makey Makey.
Acuan artikel ini yakni Buku Informatika SMP Kelas VII oleh Maresha Caroline Wijanto dkk, yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek.
Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 245 246 247
Aktivitas Kelompok
Aktivitas PLB-K7-02: Pengenalan Makey Makey
Aktivitas ini adalah aktivitas untuk mengenal Makey Makey, mengetahui masukan dan keluaran dari Makey Makey dan mengetahui objek-objek yang dapat digunakan bersama dengan Makey Makey.
Apa yang Kalian Perlukan?
1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
2. Kabel dan Klip buaya
3. Komputer PC atau Laptop yang terinstall sistem operasi dan peramban
4. Pisang, Wortel, Jeruk, Koin, Pensil, Pena, dan lainnya. Pisang. Wortel,
jeruk dapat diganti buah lainnya
Aktivitas 1: Lebih dahulu kalian harus mengenal papan sirkuit bernama Makey Makey. Pertama, ambillah Makey Makey dan amatilah papan sirkuit tersebut. Papan sirkuit tersebut adalah pengganti beberapa tombol keyboard. Tancapkan USB, dengan sisi kecil dari kabel USB dihubungkan ke Makey Makey, dan sisi besar dihubungkan ke Komputer.
Amati apa yang terjadi saat Makey Makey terhubung pada komputer!
Jawaban: Beberapa led akan hidup sebentar, sedangkan led indikator pada Makey Makey hidup yang menandakan arus listrik mengalir pada Makey Makey. Daya listrik telah menghidupkan Makey Makey.
Baca juga: Soal Latihan Informatika Kelas 7 SMP/MTs 2023 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawabannya
Sebagai papan sirkuit, alat itu memilik input dan output. Gambarlah di catatan kalian sketsa dari Makey Makey dan tentukan yang mana input dan yang mana output-nya.
Ambil kabel dengan penjepit buaya. Hubungkan dengan earth/ground di Makey Makey di satu ujung, dan peganglah ujung logam lainnya dengan tangan.
Apa yang terjadi saat kalian menyentuh kabel yang terhubung earth?
Jawaban: Lampu led indikator Makey Makey akan tetap menyala.
Baca juga: Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 237 238 Kurikulum Merdeka: Uji Kompetensi
Cobalah membuat teks Makey Makey pada aplikasi notepad/word, letakkan kursor di antara huruf a dan k selanjutnya sentuhlah tulisan "Space" bundar pada Makey Makey.
Apa yang terjadi saat kalian menyentuh space? Amati apa yang terjadi dengan teks Makey?
Jawaban: karena menggantikan keyboard space, teks Makey akan terpisah menjadi Makey.
Aktivitas 2: Dengan kondisi Makey Makey yang telah tersambung dengan laptop/komputer, bukalah program piano pada tautan di http://makeymakey.com/ piano untuk mengakses aplikasi piano sederhana yang dirancang khusus untuk Makey Makey. Aktifkan aplikasi piano, dengan mengklik kiri halaman web di atas, dan ujicobalah dengan menyentuh panah pada Makey Makey dengan tangan kiri dan menyentuh ground di tangan kanan.
Saat menyentuh tanda panah, akan muncul bunyi suara piano, mengapa demikian?
Jawaban: Ketika aplikasi piano dijalankan, ada sebuah program yang menunggu tombol panah kiri, panah atas, panah kanan, panah bawah, dan spasi ditekan. Ketika salah satu dari tombol di atas ditekan, akan terbentuk rangkaian tertutup yang membunyikan nada yang telah di set.
Dapatkah kalian membuat piano manusia? Mengapa saat memegang teman kalian piano akan berbunyi?
Jawaban: Manusia adalah konduktor, ketika kalian memegang teman, rangkaian tertutup terbentuk yang akan membunyikan nada piano.
Baca juga: Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 213 214 Kurikulum Merdeka: Soal Uji Kompetensi
Aktivitas 3: Benda Apa yang Bisa Digunakan untuk Bermain dengan Makey Makey
Setelah kalian tahu bagaimana menggunakan Makey Makey, selanjutnya kalian akan belajar benda-benda yang dapat bekerja dengan baik atau yang disebut konduktor pada Makey Makey.
1. Siapkan berbagai macam benda seperti sayuran dan buah dengan membawa dari rumah seperti wortel, tomat, jeruk dan lain-lain.
2. Cari benda yang ada di dalam kelas kalian seperti kertas, bolpoin, pensil, uang logam, gantungan kunci, dan lain-lain.
3. Dengan menggunakan program bongos yang dapat diakses di https:// makeymakey.com/bongos, hubungkan benda-benda tersebut dengan lubang (←), dan space pada Makey Makey dengan klip buaya. Jangan lupa menghubungkan juga lubang ground dengan tangan.
4. Amati apa yang terjadi ketika benda-benda tersebut disentuh. Tuliskan hasil pengamatan kalian ke dalam tabel berikut.
Jawaban:
Baca juga: Soal Latihan Informatika Kelas 7 SMP/MTs 2023 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawabannya
*)Disclaimer:
- Artikel Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 245 246 247 Kurikulum Merdeka hanya ditujukan kepada orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
- Sebelum menengok kunci jawaban Kelas 7 Halaman 245 246 247 Kurikulum Merdeka, siswa dianjurkan mengerjakan soal tersebut secara mandiri. Gunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan tersebut.
- Soal di atas bersifat terbuka dan sesuai dengan kondisi masing-masing siswa saat melakukan praktik, sehingga jawaban tidak terpaku seperti yang di atas.
(Tribunnews.com/Fajar)