News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Beasiswa Pendidikan

Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN 2024: Skema, Syarat, Cara Daftar

Penulis: Nurkhasanah
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Beasiswa. Berikut skema, syarat, dan cara daftar Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN x LPDP 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu jenis program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang ditargetkan pada tahun 2024 adalah Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN.

Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN merupakan beasiswa jenjang doktor kerja sama LPDP dan BRIN yang diperuntukkan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia jenjang doktor yang terampil dalam riset nasional di bidang keanekaragaman hayati, nuklir, penerbangan dan antariksa, serta maritim.

Sasaran Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN adalah WNI yang memiliki minat riset dibidang keanekaragaman hayati, nuklir, penerbangan dan antariksa, serta maritim.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan S1/D4 program doktor jalur fast track menggunakan LoA Unconditional dan lulusan S2 untuk program satu gelar.

Pendaftaran Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN x LPDP 2024 dibuka hingga 12 Februari 2024 melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Skema Beasiswa

Berikut ini skema Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN x LPDP 2024:

1. Beasiswa Doktor Untuk Talenta Riset Nasional BRIN diberikan untuk jenjang pendidikan:

  • Lulusan Sarjana (S1)/Diploma empat (D4) untuk Program Doktor Jalur Fast Track dengan menggunakan LoA Unconditional program doktor dengan durasi studi paling lama 60 (enam puluh) bulan,
  • Lulusan magister (S2) untuk program doktor satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan,
  • Program Doktor Jalur Fast Track adalah program doktor yang diberikan kepada lulusan Sarjana (S1)/Diploma empat (D4) untuk program langsung doktor satu gelar (single degree)

2. Pendaftar Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan dengan LoA Unconditional tersebut dan masuk daftar Perguruan Tinggi Tujuan.

Baca juga: Mahasiswa On Going Bisa Daftar Beasiswa LPDP 2024, Simak Ketentuannya

3. Program studi tujuan Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional adalah di bidang studi sebagai berikut:

  • Penerbangan dan Antariksa (Riset Teknologi Satelit dan Avionics);
  • Teknologi Laut Dalam Maritim (Riset Teknologi Laut Dalam);
  • Pemanfaatan Biodiversitas Maju (Riset Genomic, Omics, Bioinformatika, Rekayasa Genetika); dan
  • Radiasi dan Teknologi Nuklir (Riset Teknologi Siklotron dan Fusi)

Syarat Pendaftaran

Berikut ini persyaratan umum dan khusus dalam pendaftaran Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN x LPDP 2024.

Syarat Umum:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan studi: Program magister (S2), dokter spesialis, atau dokter subspesialis untuk beasiswa doktor atau Diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.
  • Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor, wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut: Memiliki LoA dari Perguruan Tinggi tujuan dan memenuhi seluruh kriteria persyaratan sebagai pendaftar doktor (S3) beasiswa LPDP.
  • Pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  • Bagi pendaftar jenjang doktor pada semua program Beasiswa LPDP yang merupakan lulusan dokter spesialis atau dokter subspesialis dapat menggunakan transkrip nilai dokter spesialis atau dokter subspesialis sebagai bukti pemenuhan syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada masing – masing program.
  • Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah, hasil konversi IPK atau tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah da/ataun konversi IPK-nya belum terbit.
  • Pendaftar yang sedang menempuh studi (on going) dapat mendaftar dengan sejumlah ketentuan tertentu.
  • Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikan studi pada program magister ataupun doktor dapat mendaftar Beasiswa LPDP di jenjang studi yang sama, dibuktikan dengan melampirkan surat pemberhentian/sejenisnya sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut.
  • Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program yang diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa. Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara yakni secara online atau offline form.
  • Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi pada saat pendaftaran beasiswa LPDP sekurang – kurangnya dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah tempat pendaftar bekerja dengan ketentuan: Mengusulkan atau merekomendasikan pendaftar untuk mengikuti program beasiswa LPDP; dan Mencantumkan Nama Lengkap serta Nomor Induk Pegawai (NIP) pendaftar.
  • Bagi pendaftar berstatus prajurit TNI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi sekurang – kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/ TNI AD/ TNI AL/ TNI AU untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  • Bagi pendaftar berstatus anggota POLRI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi sekurang – kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes POLRI untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  • Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas Reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP, dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut: Kelas Eksekutif; Kelas Khusus; Kelas Karyawan; Kelas Jarak Jauh; Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk; Kelas Internasional bagi pendaftar tujuan studi dalam negeri; Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.
  • Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP dengan format pernyataan (poin-poin terlampir).
  • Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan (tidak lulus) pada aplikasi pendaftaran.
  • Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  • Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  • Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.

Baca juga: Mengenal Beasiswa Parsial LPDP 2024, Pendaftar Harus Pilih Skema Pendanaan

Syarat Khusus:

  1. Telah menyelesaikan studi pada program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk Program Doktor Jalur Fast Track dan telah menyelesaikan studi pada program magister untuk program jenjang doktor.
  2. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister tidak diizinkan mendaftar pada Program Doktor Jalur Fast Track. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor tidak diizinkan mendaftar program jenjang doktor.
  3. Mengunggah dokumen Letter of Admission/Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi tujuan sesuai jenjang program yang dipilih pada laman pendaftaran.
  4. Pendaftar hanya dapat memilih program studi dan perguruan tinggi yang masuk dalam Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional.
  5. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: Pendaftar jenjang pendidikan Program Doktor Jalur Fast Track berusia paling tinggi 25 tahun dan pendaftar jenjang pendidikan doktor berusia paling tinggi 27 tahun.
  6. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan tertentu.
  7. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan Bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.
  8. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa.
  9. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi, tokoh masyarakat atau kepala unit kerja yang relevan dengan bidang prioritas terkait paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.
  10. Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/ pengembangan SDM pada Kementerian/ Lembaga atau Pemerintah Daerah untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP. Surat usulan diterbitkan pada tahun pendaftaran.
  11. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  12. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.
  13. Menulis Proposal Penelitian.

Cara Daftar

Tata cara mendaftar Beasiswa Doktor untuk Talenta Riset Nasional BRIN x LPDP 2024 yakni sebagai berikut:

  • Akses situs pendaftaran Beasiswa LPDP yakni https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/;
  • Lengkapi dan unggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran;
  • Submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

(Tribunnews.com/Nurkhasanah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini