News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jawaban Bu Esther Ingin Membagi Muridnya dalam Kelompok Dapat Melakukan Pembelajaran Berdiferensiasi

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jawaban post test Bu esther ingin membagi muridnya dalam kelompok - Jawaban post test Bu esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan.

TRIBUNNEWS.COM - Bu esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya, ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru.

Apa yang dapat bu esther lakukan? berikut jawabannya di Platform Merdeka Mengajar (PMM) tahun 2024.

Saat melakukan praktik kinerja di portal PMM, bapak/ibu guru harus menjawab post test berdasarkan topik yang ada.

Dalam menjawab post test Topik Kurikulum Merdeka Modul 2 di portal PMM, bapak/ibu guru akan disajikan sejumlah pertanyaan.

Salah satunya soal post test modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Adapun jawaban soal apa yang dapat bu esther lakukan? sebagai berikut.

Kurikulum Merdeka

- Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?

A. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.

B. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.

C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.

D. Semua salah

Baca juga: Contoh Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Nilai Upaya Refleksi Guru oleh Kepala Sekolah di PMM

Kunci jawaban: C

Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.

Pembahasan:

Dalam upaya menciptakan pembelajaran yang efektif dan berdiferensiasi, Bu Esther ingin membagi muridnya ke dalam kelompok-kelompok sehingga ia dapat memenuhi kebutuhan dan minat individu.

Namun, ia menghadapi kendala karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru.

Jika yakin dengan jawaban tersebut, bapak ibu guru dapat memilih tombol 'Kumpulkan'.

Kemudian centang "saya mengerti....' lalu klik "Kumpulkan."

*)Disclaimer: Jawaban penilaian pengelolaan kinerja kepala sekolah tentu memiliki gaya pembelajaran dan memiliki refleksi masing-masing dari hasil tindak lanjut pembelajaran atau observasi yang telah dilakukan guru.

(Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini