News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Guna Cegah Stunting di Desa Sidorejo Jawa Tengah, Mahasiswa Undip Buat Inovasi Produk dari Ikan Lele

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Fauzan Makarim Iskandar, Perwakilan Mahasiswa KKN Undip Desa Sidorejo menjelaskan Nutrisi yang Terkandung Dalam Ikan Lele kepada Bidan dan Kader Posyandu di Pos 5 Posyandu Desa Sidorejo, Jumat (9/8/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Guna mencegah stunting pada masa pertumbuhan dan perkembangan balita, Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) membuat sebuah inovasi berupa produk olahan berbahan dasar ikan lele, di Desa Sidorejo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). 

Ide inovasi tersebut direalisasikan melalui pelaksanaan kegiatan "Pelatihan Pengolahan Ikan Lele menjadi Nugget Lele untuk Mempercepat Penurunan Stunting” di Pos 5 Posyandu Desa Sidorejo, Jumat (9/8/2024). Kegiatan pelatihan pembuatan nugget lele dihadiri oleh perwakilan Ibu-Ibu, kader posyandu, dan juga bidan Desa Sidorejo.

Untuk diketahui, ikan merupakan sumber protein hewani kaya nutrisi yang ampuh untuk mencegah stunting. Stunting merupakan masalah pertumbuhan yang sering terjadi pada anak balita akibat gizi yang kurang terpenuhi. 

Baca juga: Inovasi Mahasiswa KKN Undip, Implementasi Teknologi Geospasial Lewat Pembuatan Peta Informasi Desa

Kandungan nutrisi dalam tubuh ikan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan balita. Beberapa kandungannya yakni protein, omega-3, vitamin D, dan mineral. Konsumsi ikan dapat membantu menyempurnakan perkembangan otak si kecil, terutama selama masa pertumbuhan.

Ismi selaku Bidan Desa Sidorejo sangat mengapresiasi program kerja tersebut. Menurutnya, panduan dalam mengelola ikan lele menjadi produk olahan nugget sangat dibutuhkan di era saat ini. 

Terutama saat ini angka kejadian stunting di Desa Sidorejo masih tinggi, sehingga perlu ada intervensi lebih lanjut terkait kondisi tersebut. 

"Terima kasih Mas dan Mbak KKN Undip yang telah melaksanakan demonstrasi ini. Panduan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk memanfaatkan potensi lokal untuk mempercepat penurunan angka kejadian stunting di Desa Sidorejo, semoga produk ini dapat menjadi inovasi bagi para ibu-ibu, kader kesehatan di Desa Sidorejo,” ujar Ismi. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini