News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Geografi Kelas 12 SMA Halaman 158 Kurikulum Merdeka: Asesmen Bagian D

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kunci Jawaban Geografi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka - Inilah kunci jawaban Geografi Kelas 12 SMA halaman 158 Kurikulum Merdeka pada Bab 2: Asesmen Bagian D.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut inilah kunci jawaban Geografi Kelas 12 SMA halaman 158 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban soal ini terdapat dalam Buku Geografi untuk SMA/MA Kelas XII yang ditulis oleh Budi Handoyo.

Dalam artikel ini terdapat kunci jawaban soal yang ada pada halaman 158 Bab 2 Pembangunan Wilayah, Revolusi Industri, dan Pengaruhnya terhadap Ruang Muka Bumi dan Kesejahteraan.

Soal tersebut ada pada Asesmen Bagian D.

Kunci jawaban ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban berikut, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Selengkapnya, inilah kunci jawaban Geografi Kelas 12 SMA halaman 158 Kurikulum Merdeka yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber lainnya:

ASESMEN

d. Jawablah pertanyaan berikut dengan uraian!

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 58 59 Kurikulum Merdeka, Sifat Datu Mabrur

Pertanyaan: Upaya penduduk suatu tempat di beberapa wilayah melakukan alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian yang kurang tepat dapat berdampak pada kemunduran lingkungan yang dapat menimbulkan ancaman pada lingkungan.

Bagaimana menghadapi realitas yang demikian agar terwujud lingkungan yang berkelanjutan?

Kunci jawaban:

Untuk menghadapi realitas alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian agar terwujud lingkungan yang berkelanjutan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan dan dampak negatif dari alih fungsi lahan. Menerapkan program pendidikan tentang praktik pertanian berkelanjutan juga dapat membantu.
  • Pemerintah perlu menetapkan kebijakan dan regulasi yang ketat terkait penggunaan lahan, termasuk pembatasan alih fungsi lahan hutan. Kebijakan ini pun harus melibatkan pemangku kepentingan lokal.
  • Melibatkan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam mereka. Program pemberdayaan ekonomi, seperti pengembangan alternatif mata pencaharian, dapat mengurangi ketergantungan pada konversi lahan.
  • Mendorong penggunaan teknologi pertanian yang lebih ramah lingkungan, seperti pertanian organik, yang dapat meningkatkan produktivitas tanpa merusak ekosistem.
  • Melakukan program restorasi hutan di daerah yang telah terdegradasi. Hal ini termasuk penanaman kembali pohon dan pengelolaan kawasan hutan yang ada.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Latifah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini