News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 97 Kurikulum Merdeka: Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 97

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTS halaman 97 Kurikulum Merdeka.

Pada materi pembahasan mata pelajaran IPS kelas 8 SMP halaman 146, siswa akan membahas kemajmekan masyarakat Indonesia

Sebelum mengerjakan, siswa diminta mengulas kembali terkait bentuk keragaman masyarakat Indonesia.

Mengacu materi tersebut, siswa akan mengerjakan latihan soal yang ada pada halaman 97 dalam kolom Aktivitas Individu.

Kunci jawaban IPS kelas 8 SMP halaman 97 Kurikulum Merdeka:

Tuliskan bentuk toleransi antarumat bearagama di lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggalmu dan lingkungan masyarakat!

Lingkungan Sekolah

  • Kegiatan Bersama: Mengadakan acara perayaan hari besar keagamaan secara bersama, seperti mengundang semua siswa untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, Natal, atau Waisak.
  • Diskusi Terbuka: Mengadakan diskusi atau seminar tentang pentingnya toleransi antaragama, dengan mengundang narasumber dari berbagai latar belakang agama.
  • Kelompok Studi: Membentuk kelompok studi lintas agama di mana siswa dapat saling berbagi pengetahuan tentang agama masing-masing.
  • Proyek Kolaboratif: Mengadakan proyek kolaboratif yang melibatkan siswa dari berbagai agama, seperti pembuatan poster tentang toleransi atau proyek penelitian tentang keragaman budaya.

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 140 Kurikulum Merdeka: Kegiatan Ekonomi

Lingkungan Tempat Tinggal

  • Penghormatan Ritual Keagamaan: Menghormati praktik keagamaan tetangga, seperti tidak mengganggu saat mereka sedang beribadah atau merayakan hari besar.
  • Kerja Bakti Bersama: Melakukan kerja bakti di lingkungan, seperti membersihkan lingkungan atau membantu satu sama lain tanpa memandang perbedaan agama.
  • Makan Bersama: Mengadakan acara makan bersama dengan menyediakan makanan yang sesuai dengan berbagai kepercayaan, sehingga semua orang bisa menikmati.
  • Pertukaran Tradisi: Mengadakan acara pertukaran tradisi di mana tetangga dari berbagai agama dapat berbagi makanan, cerita, atau kebiasaan yang mencerminkan perayaan keagamaan mereka.


Lingkungan Masyarakat

  • Dialog Antar Agama: Menyelenggarakan forum dialog antar umat beragama untuk membahas isu-isu sosial dan mencari solusi bersama.
  • Kegiatan Sosial: Berkolaborasi dalam kegiatan sosial, seperti membantu korban bencana alam, di mana semua umat beragama bisa berkontribusi tanpa memandang latar belakang.
  • Pendidikan Toleransi: Mengintegrasikan pendidikan toleransi dalam kurikulum lokal, dengan mengajak tokoh-tokoh agama untuk berbagi pengalaman dan nilai-nilai toleransi.
  • Festival Kebudayaan: Menyelenggarakan festival kebudayaan yang menampilkan seni, musik, dan kuliner dari berbagai agama dan budaya, untuk merayakan keragaman dan meningkatkan saling pengertian.

*) Disclaimer:

- Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar siswa.

- Siswa diharapkan mengerjakan latihan soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban.

(Tribunnews.com/Mohay)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini