News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sertifikasi ISO 21001-2018 Dorong Sekolah di Indonesia Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Sertifikasi ISO 21001 menuntut lembaga pendidikan untuk fokus pada peningkatan kualitas layanan pendidikan. Dengan mengikuti standar ini, instansi pendidikan dapat memastikan bahwa proses pembelajaran dan pengajaran dijalankan dengan efisien dan efektif.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sertifikasi ISO 21001:2018 merupakan standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen organisasi pendidikan. 
 
ISO 21001 dirancang untuk membantu institusi pendidikan, tanpa memandang jenis, ukuran, atau lokasi geografisnya, memenuhi beragam kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan. 

Ini termasuk siswa, orang tua, badan pengawas, dan masyarakat luas. 

Dengan menerapkan ISO 21001, lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah dapat mengoptimalkan proses, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menunjukkan dedikasi terhadap pendidikan bermutu.

Terbaru, sekolah asal Indonesia, Nurul Fikri Islamic School meraih sertifikasi ISO 21001:2018 untuk pengelolaan satuan pendidikan SMAIT Nurul Fikri yang berlokasi di Kota Depok Jawa Barat. 

"Sertifikat ISO 21001-2018 ini mencerminkan komitmen dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan terstruktur sesuai standar internasional," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd. MM melalui keterangan tertulis, Rabu (9/10/2024).

Ia melanjutkan, dalam pelaksanaannya,Nurul Fikri Islamic School menjalankan proses pendidikan yang menguatkan karakter siswa dengan mengacu pada nilai-nilai Islam dan kebangsaan. 

Pembina Nurul Fikri Islamic School Drs.Musholi, menjelaskan, diperolehnya Sertifikat ISO 21001:18 sebagai langkah awal menuju level selanjutnya yaitu level internasional.

"Kami bekerja dengan memperhatikan aspek kualitas dan profesionalitas sesuai nilai-nilai Islam sehingga melahirkan para lulusan yang berpikir  besar dan strategis  untuk kemajuan bangsa," kata dia. 

Sekolah dengan Sertifikasi ISO

Beberapa sekolah yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 21001, antara lain

  • Sekolah Pascasarjana IPB University
  • Sekolah Kristen Immanuel,
  • SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat)
  • SMK Par Telkom Bandung 
  • Sekolah Bumitama

Apa itu Sertifikat ISO Sekolah?

Sertifikat ISO sekolah adalah bukti formal bahwa suatu institusi pendidikan telah memenuhi persyaratan dalam standar manajemen kualitas internasional yang disebut ISO untuk sektor pendidikan. 

Standar ini memberikan pedoman bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna layanan pendidikan.

Di Indonesia, penerapan sertifikasi ISO sekolah semakin meningkat sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan standar pendidikan di negara ini. 

Banyak institusi pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi, menyadari pentingnya memiliki sertifikasi ISO sekolah untuk meningkatkan mutu dan daya saing mereka. 

Pemerintah Indonesia juga memberikan dorongan besar-besaran melalui kebijakan dan insentif untuk mendorong institusi pendidikan dalam memperoleh sertifikasi ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini