News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BPS Libatkan Perguruan Tinggi Kembangkan Pengolahan Data Statistik

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pojok Statistik di Matana University, Tangerang, Banten.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menggandeng perguruan tinggi untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang pengolahan data statistik.

Dalam memperingati Hari Statistik Nasional, BPS menggelar anugerah Hari Statistik Nasional (HSN) 2024. Anugerah HSN 2024 kali ini mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”.

Tema ini menekankan pentingnya data statistik untuk membangun Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan”.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan pembangunan statistik nasional merupakan tanggung jawab bersama, termasuk perguruan tinggi.

"Kolaborasi semua aktor menjadi penting untuk mendukung keberhasilan statistik," kata Amalia melalui keterangan tertulis, Selasa (15/10/2024).

Dalam ajang ini, Matana University, khususnya Program Studi Statistika, meraih Juara 1 Pojok Statistik Terbaik se-Indonesia Kategori Pojok Statistik yang Dikelola BPS Kabupaten/Kota.

Kompetisi ini diikuti oleh kurang lebih 130 Pojok Statistik dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Pojok Statistik Matana University dibentuk atas MOU antara BPS Kab. Tangerang dengan Matana University. Pojok Statistik ini merupakan satu-satunya Pojok Statistik di wilayah Kabupaten Tangerang. 

Baca juga: BPS Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan Pengolahan Data Statistik

"Penghargaan peringkat pertama ini bukan hanya penghargaan untuk Matana University, tetapi juga untuk Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten,” ungkap Ketua Program Studi Statistika Matana University, Jacob Stevy Seleky.

Acara ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat kementerian,  di antaranya Kementerian Kominfo dan Kementerian Dalam Negeri, serta semua tingkatan insan BPS secara nasional.

 

 

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini