News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendidikan Profesi Guru

Jawaban Modul 2 PPG: Apa Alasan Bapak/Ibu Guru Memilih Tugas Tersebut sebagai Pengalaman Belajar?

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Inilah jawaban: apa alasan bapak/ibu guru memilih tugas tersebut sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna? Jurnal Pembelajaranku Topik 2 Pembelajaran Sosial Emosional modul 2 PPG di PMM.

TRIBUNNEWS.COM - Simak contoh jawaban atas pertanyaan Apa alasan bapak/ibu guru memilih tugas tersebut sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna? topik Pembelajaran Sosial Emosional.

Pertanyaan "apa alasan" ini muncul saat bapak/ibu guru mengunggah Aksi Nyata PPG bagi Guru Tertentu 2024 modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional (PSE).

Bapak/ibu guru wajib menjelaskan jawaban pertanyaan PPG di kolom Deskripsi Lembar Jurnal Pembelajaran di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/ibu guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah sebagai referensi untuk menjawab deskripsi dalam PPG 2024.

Terlebih bagi bapak/ibu guru yang memilih Topik 2 Pembelajaran Sosial Emosional saat mengerjakan tugas Aksi Nyata PPG 2024.

Selengkapnya, inilah jawaban Apa alasan bapak/ibu guru memilih tugas tersebut sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna? modul 2 topik Pembelajaran Sosial Emosional di PMM dalam Lembar Jurnal Pembelajaran PPG 2024.

Jurnal Pembelajaranku Topik 2 Pembelajaran Sosial Emosional 

Pertanyaan: 

Apa alasan bapak/ibu guru memilih tugas tersebut sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna? 

Contoh jawaban: 

Saya memilih tugas tersebut karena saya bisa menerapkan keterampilan sosial emosional dalam pembelajaran baik terhadap peserta didik maupun rekan sejawat.

Jawaban alternatif:

Saya memilih tugas ini sebagai pengalaman belajar yang paling bermakna. Sebab saya dapat menerapkan keterampilan sosial emosional dalam pembelajaran dengan peserta didik. Kemudian saling berbagi praktik baik dengan rekan sejawat dan selalu berkomunikasi dengan orang tua/wali peserta didik melalui grup WhatsApp atau menghubungi langsung orang tua/wali peserta didik.

Jawaban alternatif:

Saya memilih tugas tersebut karena menurut saya ini adalah pengalaman belajar yang paling bermakna bagi saya. Sebab tugas ini tidak hanya mengembangkan kemampuan akademik siswa. Tetapi juga membangun keterampilan sosial dan emosional yang penting.

Jawaban alternatif:

Alasan saya memilih tugas ini adalah saya merasa bahwa apa yang saya alami mampu membuat saya sadar akan pentingnya memahami pendidikan sosial emosional. Sebab kini saya memahami dan percaya akan pentingnya pembelajaran sosial emosional untuk murid-murid dan diri saya. Ke depannya, sebagai guru saya akan mengintegrasikan pelajaran sosial emosional ke dalam kurikulum sehari-hari. 

Dalam setiap interaksi di kelas, saya akan menggunakan teknik refleksi dan pemberian umpan balik yang positif untuk membangun rasa percaya diri dan keterampilan sosial murid-murid. Dengan pendekatan ini, saya berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik siswa, baik secara akademik maupun emosional. Ketika kita berhasil memberikan momen "AHA" kepada peserta didik kita, itu adalah hadiah terbesar yang bisa kita dapatkan sebagai pendidik.

*) Disclaimer: kunci jawaban di atas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengikuti PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan di PMM.

Baca juga: Jawaban Apa Hal Menarik yang Bapak/Ibu Temukan Saat Mengerjakan Tugas yang Dipilih, Sosial Emosional

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini