News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesan Prabowo kepada Para Guru: Kenalkan Matematika Secara Menyenangkan Sejak TK

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti.

 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pesan penting kepada para pendidik di Tanah Air, agar memperkenalkan matematika dengan cara yang menyenangkan sejak taman kanak-kanak.

Merespon permintaan Presiden, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Abdul Mu'ti mengatakan, onsep pembelajaran matematika yang akan diperkenalkan, kata Abdul Mu'ti, harus dilakukan secara menyenangkan.

"Jadi kita buat matematika ini menyenangkan kemudian matematika ini diajarkan secara mudah ditekankan logikanya," ujar Abdul Mu'ti di Pameran Bulan Bahasa dan Sastra di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (28/10/2024).

Abdul Mu'ti menjelaskan, Presiden menginstruksikan adanya program pelatihan guru matematika. Materi program pelatihan ini, kata Abdul Mu'ti, sedang dirumuskan oleh Kemendikdasmen.

"Mudah-mudahan bisa kita laksanakan di tahun 2025, terutama untuk matematika dari TK ya, TK dan SD tapi memang matematikanya bukan matematika yang serius ngitung  tapi lebih sebagai pengenalan konsep-konsep dasar matematika. Tentu saja dengan memperhatikan tingkat intelektualitas," jelasnya.

Saat ini, kata Abdul Mu'ti, matematika masih menjadi pelajaran yang sulit bagi siswa. Padahal, menurut Abdul Mu'ti, kemampuan numerasi sangat penting, di samping literasi.

"Ilmu ini sangat penting dan sebagian memang kita menyadari bahwa numerasi kita kan masih rendah. Selain literasi kita juga masih rendah bahkan sekarang di kalangan sebagian pelajar itu matematika menjadi momok karena dibilang matematika ini buat kita mati-matian," tuturnya.

Baca juga: Prabowo Instruksikan Mendikdasmen Perkuat Pelajaran Matematika Sejak Awal SD

Abdul Mu'ti mengatakan matematika merupakan pelajaran yang sangat penting. Matematika dapat diaplikasikan untuk semua aspek kehidupan.

"Bahkan agama sekalipun juga tidak bisa dilepaskan dari matematika jadi kalau kita misalnya menghitung arah kiblat, arah kiblat itu kan pakai sudut matematika kan, berapa sudut berapa derajat itu kan matematika," pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini