News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tanri Abeng Bangun Kampus di Makassar

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tanri Abeng

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rudhy

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Pemilik Tanri Abeng University, Tanri Abeng, berencana membangun kampus di Makassar. Perguruan tinggi tersebut tidak hanya untuk mahasiswa baru, tetapi juga bagi mereka yang sudah berada di birokrasi dan perusahaan.

"Saya punya Tanri Abeng University. Saya bicara dengan Gubernur, bagaimana kalau aspek pendidikan tidak hanya terbatas pada mahasiswa baru, tetapi juga bagi mereka yang ada di birokrasi dan korporasi," kata Tanri Abeng, usai bertemu Gubernur Sulsel, di Kantor Gubernur, Jumat (7/6/2013).

Tanri Abeng mengungkapkan, universitas yang dibangunnya tersebut bekerjasama dengan Amerika dan Australia. Karena itu, melalui universitas tersebut, bisa mengembangkan keterampilan dan keahlian masyarakat Sulsel.

"Kita kembangkan keterampilan dan skillnya, melalui universitas saya. Karena, saya punya perangkat untuk itu, baik IT maupun para dosen dari mancanegara," jelasnya.

Menanggapi rencana Tanri Abeng tersebut, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengapresiasi dan menyambut baik keinginan mantan Menteri BUMN itu. Ia mengatakan, Sulsel, khususnya Makassar, harus menjadi pusat pendidikan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Kalau itu untuk kampus, untuk pendidikan, kami siap saja. Kita bagi tanggung jawab, apa yang bisa kami bantu disini," kata Syahrul.

Ia menjelaskan, saat ini Pemerintah Provinsi Sulsel memang sedang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Karena itu, pemerintah memprogramkan pendidikan gratis mulai SD sampai SMA yang sudah berjalan dengan baik selama beberapa tahun terakhir.

"Setelah pendidikan gratis, kami juga memprogramkan SPP gratis untuk mahasiswa baru," terangnya.

Ia menambahkan, di Sulsel juga akan membangun sekolah penerbangan dan sekolah pramugari. Ada juga sekolah khusus pertanian, perkebunan, dan perikanan. (Rud)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini