News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik 2013

Ratusan Lampu Penerang Jalan di Jalur Mudik Padam

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kemacetan Akibat Pengecoran Jalur Pantura Kendaraan terjebak kemacetan di Desa Cimohong, Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2013). Kemacetan sepanjang sedikitnya 2 Kilometer tersebut disebabkan oleh pengecoran salah satu ruas jalan yang menjadi pertemuan Jalur Pantai Utara dengan Jalur Selatan tersebut.

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Ratusan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur mudik di Kota Bekasi sudah tak berfungsi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menargetkan perbaikan lampu PJU selesai pada H - 7 sebelum Lebaran idul fitri mendatang.

Kepala Dinas Pertamanan, Pemakaman, dan PJU (DPPJU) Kota Bekasi Makbullah mengatakan, kerusakan lampu PJU itu diketahui setelah dilakukan pendataan. "Jumlahnya sekitar 606 lampu yang rusak," tuturnya, kemarin.

Ratusan lampu PJU yang rusak itu tersebar di beberapa ruas jalan, diantaranya di Jalan KH Noer Ali Kalimalang, Jalan Sultan Agung Pondok Ungu, Jalan Siliwangi Naragong, Jalan Sersan Aswan, Jalan Mayor Hasibuan, dan Jalan Trans Yogi Cibubur.

Kerusakan lampu PJU juga ditemukan di Jalan Cut Mutia, Jalan Jaya Martono, Jalan Juanda, dan Jalan Ahmad Yani. "Setelah terdata jelas jumlahnya, kami akan segera lakukan perbaikan," ungkapnya.

DPPJU mencatat jumlah PJU seluruhnya mencapai 22.700 yang tersebar di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan se-Kota Bekasi. Lampu PJU yang rusak diperkirakan sekitar 25 persen dengan tingkat kerusakan yang beragam.

Kerusakan PJU tersebut, kata Makbulloh, bisa disebabkan karena terkena petir, kabel PJU-nya dicuri, jaringan rusak, atau lampu PJU yang sudah dimakan usia sehingga tidak bisa menyala. Bahkan, kata dia, beberapa lampu PJU di Stadion Patriot Bekasi juga dilaporkan dirusak waria yang mangkal di wilayah itu.

Makbullah memastikan perbaikan lampu PJU itu akan rampung sebelum H-7 Lebaran. Perbaikan dilakukan dengan anggaran sekitar Rp 1,6 miliar yang diambil dari APBD 2013.

Selain perbaikan, lanjut dia, DPPJU juga berencana memasang lampu PJU baru sebanyak 1.014 titik di beberapa tempat seperti di lingkungan warga. "Saat ini masih lelang, bulan depan mudah-mudah sudah mulai dipasang," tandasnya. (chi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini