News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dokter Mogok Nasional

Pagi Ini, Dokter di Makassar Mogok

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR --  Ingin ke rumah sakit hari pagi ini. Sebaiknya tunda hingga usai dhuhur. Kenapa? Pasalnya, diperkirakan sekitar 1.000 dokter di Makassar dan dari sejumlah daerah sekitarnya, mulai pukul 09.00 wita hingga pukul 11.00 wita, hari ini akan mogok praktik.

Aksi hari ini adalah lanjutan aksi, Selasa (26/11/2013) kemarin di Kejaksaan Tinggi Sulsel di Jl Urip Sumiharjo, Makassar. Aksi ini terkait ditahannya tiga sejawat mereka, dokter ahli kandungan  di Manado, pasca kasus meninggalnya seorang pasien pascaoperasi kelahiran anak keduanya, April 2010 lalu.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Dr Abd Kadir,PhD, Sp THT-KL, Mkes, membenarkan aksi nasional itu. Namun, dia menolak menyebut aksi itu sebagai "mogok nasional."

"Memang ada himbauan resmi dari PB IDI tanggal 26 November kepada seluruh dokter untuk Aksi Solidaritas, hari ini Ini seluruh Indonesia,." katanya seraya  Surat Himbauan PB IDI Nomor 2355/PB/11/A.3/2013.

Surat tertanggal 26 November itu tersebut berisi panduan kegiatan Aksi Solidaritas dan Tafakur Nasional. November berkaitan dengan himbauan kepada seluruh dokter untuk  Aksi Solidaritas dan Tafakur Nasional, Rabu (27/11/2013) di seluruh Indonesia.
Di Makassar, aksi tersebut akan dipusatkan di Monumen Mandala mulai pukul 09.00 wita hingga 11.00 wita.

Aksi solidaritas tersebut terdiri dari dokter umum, spesialis, staf dosen FK UH dan UMI PDGI, Residen, Coas, dan Mahasiswa preklinik UMI, Unhas, dan Unismuh Makassar. Orasi terbuka oleh seluruh perwakilan Bagian dan institusi.

Selain itu aksi lain seluruh dokter Indonesia  tidak melakukan pelayanan Poli, Praktik, dan Operasi elektif seluruh bagian di seluruh rumah sakit  kecuali emergency. (cr7/nit/edi/ham)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini