News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rusuh di Lapas Palopo

Kronologi Kerusuhan di Lapas Palopo Versi Menkumham

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lapas Palopo terbakar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Amir Syamsuddin sudah mengetahui kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/12/2013). Menurutnya, ada seorang residivis yang berinisial R melompati pagar dan memukul Kepala Lapas Palopo.

"Awalnya ada seorang residivis yang melompati pagar dan memukul Kalapas (Palopo)," kata Amir di Kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Amir menceritakan, pada pagi hari pukul 10.30 WITA Kalapas Palopo melakukan kontrol keliling. Namun, menurutnya saat posisi Kalapas di dekat sel isolasi, residivis R melompati pagar pembatas sel dan memukul Kalapas.

"Kalapas langsung pingsan setelah dipukul kepala bagian belakangnya," tuturnya.

Kemudian kata Amir, residivis itu memprovokasi warga binaan lainnya untuk bertindak anarkis dan melakukan pembakaran kepada gedung-gedung kantor. Amir mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian ini petugas Lapas langsung melakukan tindakan pengamanan.

"Kami meminta bantuan dari TNI atau Polri dan pemadam kebakaran. Pukul 14.00 WITA api sudah padam dan situasi mulai terkendali," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini