News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dana Jamkesda Di Samarinda Disiapkan Rp 72 M

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jamkesda

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM.SAMARINDA, - Untuk tahun 2014, Pemkot Samarinda menyiapkan anggaran Rp 72 miliar untuk layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Kepala UPTD Jamkesda Dinas Kesehatan Samarinda dr Syarifah Rahimah mengatakan,  Rp 72 miliar ini digunakan untuk pembiayaan layanan Jamkesda, sarana Pemberi Pelayanan Kesehatan  Tingkat Pertama (PPK I) seperti Pukesmas dan jaringannya di Samarinda, Bidan Praktek Swasta rekanan dan klinik bersalin rekanan hingga PPK Tingkat Lanjutan (PPK II) seperti RSUD A. Wahab Syahranie, RSUD IA Moeis, RSKD Atma Husada Mahakam, Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat, Palang Merah Indonesia, RSUD Kanujoso Djatwibowo Balikpapan dan rumah sakit swasta rekanan.

Rahimah menyebut, salah satu pembiayaan yang telah dibayarkan Jamkesda pada 1 April 2014 yaitu klaim RSKD Atma Husada Mahakam senilai Rp 348.460.272 untuk pembiayaan selama 1 bulan.

"Sebenarnya masih ada juga pembayaran di layanan PPK I. Namun masih ada juga yang masih dalam proses verifikasi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Tidak serta merta langsung pencairan, karena ada SOP (Standar Operasi Prosedural). Pihak mitra kita juga selama ini tahu akan SOP itu dan tetap koorperatif. Intinya sama-sama aman dan diuntungkan," katanya.

Menurutnya, kedua belah pihak tidak ingin terburu-buru namun nantinya bisa menimbulkan masalah.

"Yang jelas Pemkot sudah siap tahun ini dengan anggaran Rp 72 miliar," katanya lagi.

Hingga saat ini kata Rahimah, peserta Jamkesda tercatat sebanyak 443.115 jiwa dan jumlahnya terus bertambah seiring meningkatnya kesadaran warga akan pentingnya kepemilikan jaminan kesehatan.
Tak hanya itu, memasuki tahun 2014 Jamkesda juga menjamin peserta yang berasal dari kelompok masyarakat tertentu, seperti penghuni panti sosial yang tercatat sebagai warga Samarinda. Beberapa panti yang telah memanfaatkan Jamkesda antara lain Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri, Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan beberapa yayasan sosial yang ada di Kota Samarinda.

"Pak wali ingin semua warga bisa dijamin kesehatannya. Ini tujuan mulia, mari bersama kita bekerja keras mewujudkan itu. Pak wali aja mengaku banyak menerima sms ucapan terima kasih dari warga, bahkan saya aja pernah dibawakan warga buah-buahan hasil panen warga sebagai ucapan terima kasih. Tapi bukan ini diharap, melainkan bagaimana warga Samarinda ketika sakit, bisa dijamin," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini