News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

RSUD Rasdjito Yogyakarta Siap Tangani Pasien Pengidap Flu Arab

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wabah MERS di Arab Saudi

Laporan Wartawan Tribun Jogja Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah dr Sardjito, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bersiap menerima pasien yang diserang Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) atau Flu Arab.

Kepala Bidang Humas RSUD dr Sardjito Heru Nugroho mengatakan, pihaknya sudah menyediakan ruang Kartika sebagai ruang rawat khusus pasien MERS.

Ruangan tersebut, dilengkapi sejumlah fasilitasi isolasi yang dapat mencegah penularan virus.

"Virus MERS CoV bisa menyebar lewat udara, dari orang ke orang. Maka harus ada ruang khusus," kata Heru saat dihubungi Tribun, Minggu (4/5/2014) siang.

Ia menjelaskan, ruang berkapasitas 10 orang itu dulunya digunakan untuk merawat penderita flu burung.

Karena kesamaan penyebab antara kedua penyakit tersebut, maka ruang yang dulu digunakan untuk penanganan flu burung kini bisa digunakan untuk merawat flu Arab.

Menurut Heru, kasus MERS CoV yang menjangkit di Arab Saudi mendapat perhatian khusus dari pemerintah Indonesia.

Pasalnya, jemaah umrah paling banyak merupakan warga negara Indonesia (WNI). Mengingat penularan yang bisa berlangsung secara mudah yaitu melalui udara, maka perlindungan khusus juga harus diberikan sejak tahap perawatan awal.

Untuk melindungi petugas medis dari bahaya paparan virus tersebut, ujar Heru, pihaknya juga menyiapkan mobil ambulans khusus untuk mengangkut korban ke RS. Sementara bagi perawat, dokter, maupun keluarga pasien juga akan mendapat perlindungan tersendiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini