News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Uji Petik Dishub Yogya Temukan Enam Bus Retak Kaca Depan di Terminal Giwangan

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para sopir bus kota Yogyakarta melakukan aksi mogok di terminal Giwangan memprotes adanya rencana penggantian bus umum dengan bus Trans Jogja.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta melakukan uji petik kelayakan terhadap angkutan umum yang masuk ke Terminal Giwangan, Rabu (16/7/2014) pagi.

Uji petik dilakukan terhadap armada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi).

Menurut Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dishub Kota Yogyakarta, Asung Waluyo, dalam uji petik yang dilakukan kurang lebih satu jam tersebut, ada 38 bus yang diperiksa. Pemeriksaan dilakukan terhadap kelengkapan surat serta kondisi bus secara visual.

"Dari 38 bus yang diperiksa, sebagian masih bagus. Namun ada beberapa yang disarankan untuk melakukan perbaikan dan harus sudah diperbaiki sebelum H-7 Lebaran," kata Asung.

Dalam pengecekan tersebut ditemukan enam bus yang mengalami keretakan kaca depan. Dari enam bus tersebut, terdapat satu bus jurusan Yogyakarta - Purwokerto yang mengalami keretakan paling parah di bagian kaca depan.

Selain itu, ditemukan pula satu bus AKDP dengan kondisi ban yang sudah tidak layak. Tak hanya masalah itu saja, dalam pengecekan tersebut juga ditemukan adanya bus yang tidak dilengkapi surat-surat yang seharusnya wajib dibawa saat beroperasi.

Terdapat dua bus yang kedapatan tidak dapat menunjukan surat kelengkapan. Satu bus AKAP jurusan Purwokerto - Yogyakarta kedapatan tidak memiliki kartu trayek, sedangkan satu bus lainnya yakni bus AKDP jurusan Yogyakarta - Parangtritis kedapatan tidak membawa surat-surat kelengkapan.(Tribunjogja.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini