News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kirab Pusaka Ponorogo Sepanjang 7 Kilometer

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KIRAB PUSAKA. Sejumlah keluarga dan abdi dalem Pura Mangkunegaran melakukan kirab pusaka mengelilingi benteng di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (06/12/2010). Kirab tersebut diadakan untuk memperingati malam 1 Suro tahun baru penanggalan jawa atau 1 Muharam 1432 Hijriyah.

TRIBUNNEWS.COM, PONOROGO- Ribuan warga memenuhi sepanjang jalan mulai Makam Batoro Katong Kelurahan Setono Kecamatan hingga menuju alun-alun, sejauh 7 kilometer hanya untuk melihat parade kirab pusaka dalam menyambut 1 Suro (1 Muharram 1436 Hijriyah).

Kirab yang dimulai pukul 15.00 WIB itu, selain memamerkan pusaka kerajaan Wengker (asal muasal Ponorogo), juga ada pertunjukkan drum band, dan karnaval dari sejumlah sekolah.

"Saya sejak pukul 12.00 WIB sudah di Pasar Legi, karena ada keluarga dari luar Jawa yang ingin menyaksikan kirab pusaka ini," terang Yahmi (37) warga Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah kepada Surya Online, Jumat (24/10/2014).

Meski acara mundur beberapa jam, namun hal itu tidak mengurangi minat warga untuk menontonnya. Mereka mengaku menunggu arak-arakan ratusan kuda (dokar) rombongan Bupati Ponorogo dan pejabat lainnya.

"Kami nunggu arak-arakan kuda yang dinaiki bupati dan para pejabat Ponorogo. Mereka merupakan rombongan terakhir, setelah anak-anak sekolah ini," imbuh Agustin pelajar asal Ponorogo yang menyaksikan kirab pusaka itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini