News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Enam Kecamatan di Banyuwangi Siaga Terhadap Ancaman Gunung Raung

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gunung Raung

TRIBUNNEWS.COM,BANYUWANGI - Gunung Raung kini mulai menunjukkan aktivitasnya.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan pihaknya telah menyiagakan enam kecamatan di seputar kawasan Gunung Raung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk menghadapi berbagai kemungkinan di kawasan gunung berapi yang berpotensi erupsi itu.

"Enam kecamatan itu adalah Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Singojuruh, Songgon, Sempu, dan Genteng, dengan jumlah penduduk yang terdampak sebanyak 243.000 jiwa," tuturnya di Banyuwangi, Rabu (10/12/2014).

Menurut dia, Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut merupakan gunung terbesar dengan kaldera terluas di Pulau Jawa.

Status Gunung Raung meningkat dari normal menjadi waspada sejak 13 November 2014.

"Potensi letusan gunung dengan kedalaman kawah mencapai 400 meter itu bisa berdampak sangat dahsyat. Untuk itu, peningkatan aktivitas gunung api yang sudah lama 'tertidur' tersebut perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak," katanya.

Ia mengatakan letusan gunung adalah sebuah fenomena alam yang normal terjadi, tidak terkecuali di Gunung Raung Banyuwangi, sehingga perlu dilakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan letusan, agar tidak menimbulkan korban jiwa dan meminimalkan kerugian harta benda.
     
"Masyarakat juga diharapkan siap menghadapi kemungkinan terburuk dan tidak panik ketika letusan benar-benar terjadi," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini