News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jusuf Kalla Hadiri Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berdoa di pemakaman massal korban tsunami Aceh beberapa waktu yang lalu, Kamis (5/6/2014).

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) didampingi istri Mufidah Jusuf Kalla tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (25/12/2014). Kunjungan wapres ini dalam rangka menghadiri peringatan sepuluh tahun tsunami melanda Aceh,

JK dan rombongan bertolak ke Aceh dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan TNI-AU Boeing 737-400. Kedatangannya di Bandara SIM disambut oleh Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar, Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah, dan seluruh unsur Forkopimda Aceh, serta mantan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ir Azwar Abubakar MM.

Dalam kunjungan kerja ini, JK memboyong sejumlah menteri terkait, termasuk dr Farid Hussain, salah satu perunding RI saat berlangsung perundingan RI dan GAM di Helsinki, Finlandia tahun 2005. Ini merupakan kunjungan pertama JK ke Aceh setelah dilantik menjadi Wakil Presiden RI mendampingi Presiden Joko Widodo.

Dari Bandara SIM kemarin, Wapres JK dan rombongan langsung menuju tempatnya menginap, Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Selama di Banda Aceh, Jumat (26/12/2014) pagi Wapres akan melakukan ziarah ke kuburan massal korban tsunami di Siron, sekitar 5 kilometer dari Bandara SIM. Kemudian, menyampaikan sambutan dalam upacara peringatan sepuluh tahun tsunami yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Selama acara puncak akan ditayangkan video rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh, peninjauan pameran Expo Kebencanaan, serta mengunjungi Museum Tsunami Aceh.

Selanjutnya Wapres JK akan menghadiri peluncuran bukunya tentang tsunami Aceh di Anjong Mata, Banda Aceh.

"Setelah itu, di tempat yang sama, sekitarr pukul 16.15 WIB, Wapres akan melantik Pengurus Dewan Masjid Indonesia Provinsi Aceh," kata Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Dr Mahyuzar yang dihubungi Serambi (Tribunnews.com Network) tadi malam.

Wapres Jusuf Kalla dan rombongan direncanakan akan kembali ke Jakarta pada pukul 17.05 WIB dari Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda.

Agenda wapres hari ini:
* Pukul 08.30, ziarah ke makam massal korban tsunami di Desa Siron, Aceh Besar.
* Pukul 09.00-12.00 WIB, menghadiri peringatan sepuluh tahun tsunami di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, sekaligus berkunjung ke Museum Tsunami Aceh yang tak jauh dari Lapangan Blangpadang.
* Pukul 12.10 WIB, tiba di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, menunaikan shalat Jumat.
* Pukul 13.30 WIB, tiba dan makan siang di Pendapa Gubernur Aceh
* Pukul 16.00 WIB, peluncuran buku tsunami Aceh karangan Jusuf Kalla dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Dewan Masjid Indonesia Provinsi Aceh
* Pukul 17.05 WIB, tiba di Bandara SIM Blangbintang untuk kembali ke Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini