News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tanah Retak di Ciamis Ancam Seret 11 Rumah di Desa Cisadap

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebelas rumah terancam longsor dan retakan tanah di Dusun Desa Rt 01 dan RT 02 RW 04 Desa Cisadap Ciamis . Akibat hujan lebat tiga hari terakhir, longsor dan retakan juga mengancam rumah warga di Desa Darmacaang, Desa Nasol dan Desa Sindangsari Cikoneng Ciamis.

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS - Sebanyak sebelas rumah di Dusun Desa RT 01 dan RT 02 RW 04 Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, terancam retakan tanah sejak Kamis (24/12) malam.

Bahkan dua rumah di antaranya sudah ditinggalkan penghuninya karena sudah rusak parah, tembok retak, lantai jebol, dinding rengkah. Mereka dikhawatir setiap rumah itu saat bisa runtuh.

Penghuni kedua rumah tersebut sudah diungsikan ke rumah keluarganya yang berada masih di dusun yang sama. Mereka adalah Salmi sekeluarga ( 3 jiwa) dan Tarlan (4 jiwa).

Lokasi tanah retak yang menghantui warga Cisadap ini berada di lereng tebing selokan Cianemsari, anak Sungai Cipalih, sekitar 400 meter dari balai desa, sisi jalan menuju Bukit Ardilaya.

Retakan tanah yang menimpa 11 rumah tersebut dipicu hujan lebat yang turun hamper tiap hari beberapa minggu terakhir.

“Panjang retakan tanahnya sampai 100 meter lebar rengkahan sampai 5 cm lebih. Lebar rengkahan ini terus melebar. Padahal di lokasi tidak ada kolam, Cuma berada di lereng. Delapan rumah yang rusak berada di atas lereng dan dibawahnya tiga rumah,” ujar Kades Cisadap H Muslih kepada Tribun Jumat (26/12).

Warga khawatir retakan tanah yang mengepung 11rumah di Dusun Desa, Desa Cisadap tersebut memicu terjadinya longsor. (sta)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini