News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lintas Sumatera di Muaraenim Terancam Amblas

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MUARAENIM - Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), terancam amblas karena longsor, di depan Rumah Makan Mandailing, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim, Jumat (09/01/2015).

Menurut pengamatan dan informasi di lapangan, di beberapa titik jalan raya sudah terlihat erosi sehingga sampai memakan badan jalan. Akibatnya sebagian jalan retak-retak dan terancam amblas.

Penyebabnya karena tidak adanya siring yang memadai di pinggir jalan sehingga ketika hujan deras badan jalan selalu tergerus oleh air yang mengalir.

Menurut Hasan (60) warga Muaraenim, bahwa Jalan tersebut terus tergerus setiap hujan tiba. Disamping kondisi badan jalan tersebut tidak dilengkapi drainase yang baik, sehingga membuat potensi amblas karena badan jalan tidak kuat menahan beban kendaraan yang setiap hari melintas.

Dahulu, kawasan tersebut pernah dipasang bronjong, namun karena tak kuat, akhirnya tetap juga ikut amblas.

Apalagi angkutan yang melintas di kawasan tersebut berat-berat seperti angkutan batu bara dan angkutan bermuatan berat lainnya yang berasal dari luar pulau Sumatera.

Untuk menghindari jalan lebih parah lagi, di lokasi jalan yang amblas tersebut sekarang ini sudah di tandai dengan sebatang kayu yang ditancapkan.

" Ya kami berharap kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki dan membuat siring di sisi badan jalan tersebut. Kalau difoto dan diukur terus, tapi tidak tahu untuk apo," ujarnya.

Sementara itu, Roni (30), pengguna jalan yang setiap hari melintasi kawasan tersebut mengatakan, dengan kondisi seperti itu, jalan tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini