News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polres Barelang Ringkus 25 Pelaku Curanmor dan 42 Unit Motor

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pencuri motor.

Laporan Wartawan Tribun Batam, Hadi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sebanyak 25 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ditangkap jajaran Kepolisian Resor Barelang sepanjang bulan Maret 2015.

Selain puluhan pelaku, 42 unit sepeda motor hasil curian dan sebuah mobil Toyota Avanza yang dipakai pelaku untuk beraksi juga ikut diamankan.

Hasil tangkapan tersebut merupakan hasil dari Operasi Cipta Kondisi yang hampir digelar oleh seluruh jajaran polsek di jajaran Polresta Barelang. Kebanyakan para pelaku beserta barang bukti diamankan setelah mengembangkan laporan yang masuk ke polisi.

"Tangkapan ini merupakan hasil pengembangan dari 15 laporan kepolisian di polsek-polsek," kata Kapolresta Barelang Kombes Asep Safrudin, Selasa (7/4/2015).

Adapun yang berhasil ditangkap tersebut masing-masing tiga pelaku dan dua motor curian yang diamankan Polsek Nongsa. Sembilan pelaku dan satu motor curian serta satu unit mobil ditangkap Polsek Batamkota.

Lima orang pelaku dan tujuh unit sepeda motor ditangkap Polresta Barelang. Dua pelaku dan tujuh sepeda motor ditangkap Polsek Bengkong. Tiga pelaku dan tiga sepeda motor ditangkap Polsek Sagulung.

Tiga pelaku dan satu unit motor ditangkap Polsek Lubuk Baja. 12 pelaku dan 18 unit motor curian ditangkap Polsek Sekupang. Dan lima pelaku bersama lima sepeda motor curian diamankan Polsek Batu Aji.

"Rata-rata pelaku memetik menggunakan kunci T. Dan mereka tidak butuh waktu lama untuk memetik satu motor," terang Asep.

Bahkan satu jaringan besar tindak pidana curanmor terungkap saat polisi melakukan penggerebekan di kampung Aceh Mukakuning beberapa waktu lalu. Dari pengembangan tersebut diketahui sebagian besar sepeda motor curian di wilayah Sei Beduk, Batuaji dan Sagulung bermuara di kampung Aceh. Bahkan sepeda motor hasil curian tersebut ditukar dengan narkoba oleh para pelaku di kampung Aceh.

"Kita masih terus kembangkan lagi dan mobil Avanza yang diamankan ini merupakan mobil yang dipakai terakhir kali beraksi dan tertangkap. Diduga masih banyak aksi pencurian yang mereka lakukan," ujar Asep.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini