News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Thailand Minati Ikan Hias asal Sulawesi

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

IKAN HIAS KARTINI - Suasana tempat penjualan ikan hias, Jalan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (18/7). Tempat penjualan berbagai jenis ikan setelah lebaran akan di relokasi. Warta Kota/henry lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menyatakan kinerja ekspor ikan hias dari daerah setempat hingga Februari 2015 mengalami peningkatan 100 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Permintaan ikan hias yang cukup tinggi ini menandakan produk tersebut sangat disukai negara tujuan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Rabu (15/4).

Dia mengatakan, ekspor ikan hias Sulut baru ke satu negara, yakni Thailand. Namun permintaannya terus meningkat.

Hingga Februari 2015, Sulut telah mengeskpor ikan hias ke Thailand mencapai 144 kilogram. Sumbangan untuk devisa negara dari ekspor tersebut mencapai sekitar 1.600 dolar AS.

Pada periode yang sama tahun lalu, ekspor ikan hias hanya 75 kg. Namun, dari sisi nilai tetap sama, yaitu sekitar 1.600 dolar AS.

Jenny mengakui, dari sisi nilai memang tetap, karena harga satuan ikan hias yang mengalami penurunan dari 21,33 dolar AS per kg menjadi 14,04 dolar AS per kg.

Ia mengharapkan pengekspor meningkatkan kualitas produk sehingga mampu dihargai pembeli lebih tinggi.

Dia mengatakan ikan hias hidup merupakan produk baru yang diekspor sehingga peningkatan volume tersebut menandakan produk tersebut cukup diminati.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini