News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kerja Sama Hiroshima University dengan Universitas Hasanuddin Diperpanjang

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA melakukan kunjungan kerja ke Jepang, 16-19 April 2015.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Anita Wardana

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA melakukan kunjungan kerja ke Jepang, 16 hingga 19 April 2015. Dalam kunjungannya tersebut, Prof Dwia menandatangani nota kesepahaman perpanjangan kerja sama dengan Hiroshima University.

Prof Dwia mengatakan kerja sama antara Unhas dan Hiroshima University telah terjalin sejak 1997 lalu. Pada masa itu, Rektor Unhas adalah Prof Radi A Gany berkesempatan menandatangani piagam nota kesepahaman yang ditandai dengan penanaman pohon di Kampus Hiroshima University.

Tahun ini, penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Prof Dwia bersama Presiden Hiroshima University, Prof Mitsuo Ochi.

"Penandatanganan kerja sama tahun ini seperti mengulang kembali prosesi yang hampir sama dengan yang dilakukan Prof Radi, dengan menaruh tanah baru di pohon yang ditanam Prof Radi 18 tahun lalu," kata Prof Dwia seperti dikutip dalam rilis yang diterima Tribun Timur (Tribunnews.com Network), Jumat (17/4/2015).

Di Sebelah pohon tersebut juga masih terdapat pohon ebony yang dibawa khusus oleh Prof Radi kala itu ke Hiroshima.

Selain memperpanjang kerja sama, Prof Dwia juga menghadiri pelantikan Prof Mitsuo Ochi sebagai Presiden Hiroshima University. Prof Ochi bukanlah orang baru bagi Unhas, perkenalan Unhas dengan Prof Ochi dimulai sejak ia berstatus sebagai dosen, dekan Fakultas Kedokteran hingga menjadi Presiden Hiroshima University.

Hal tersebut dibuktikan oleh Prof Ochi dengan mengundang semua rektor Unhas pada masanya untuk hadir di acara pelantikannya, antara lain Prof Basri Hasanuddin,Prof radi A Gany, dan Prof Idrus A Paurusi.

"Unhas dan Hiroshima University memperpanjang kerja sama dalam bidang kedokteran yang sejak dulu telah dilaksanakan, dan dikembangkan mulai tahun ini dengan berbagai bidang ilmu khususnya Teknik dan Pertanian," jelas Prof Dwia.

Hiroshima University di kalangan Unhas, sudah melahirkan beberapa orang hebat dari Unhas. Prof. Husni Tanra, Prof Abd Kadir yang kini menjabat sebagai Dirut RS Wahidin Sudirohusodo, dan Prof Irawan Yusuf.

Ada pula Dr Iqbal Djawad yang kini memegang jabatan sebagai Atase Pendidikan dan kebudayaan KBRI Tokyo, termasuk Prof Idrus dan beberapa dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Unhas telah menjadi alumni dari Hiroshima University.

"Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, Unhas dapat mengembangkan segenap potensi yang dimiliki. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika mewujudkan riset dan kerjasama berkualitas dunia," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini