News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polemik Sabda Raja

Sultan Hamengkubuwono X Jelaskan Isi Sabdaraja Sore Nanti

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah abdi dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta membawa sesaji untuk dibawa ke Siti Hinggil, Selasa (5/5/2015). Belum ada konfirmasi mengenai berkumpulnya para abdi dalem pascakeluarnya Sabdaraja oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Jumat (8/5/2015) sore, berencana akan memberikan keterangan kepada media massa terkait Sabdaraja yang ia keluarkan pada 30 April dan 5 Mei lalu.

Saat ditemui di Kepatihan, Sultan yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut, membenarkan bahwa sore ini dia akan memberikan penjelasan di kediaman GKR Mangkubumi (Pembayun), Kelurahan Panembahan.

"Jadi, iya nanti sore. Ya kalau pers mau datang ya monggo silakan,” katanya.

Menurutnya penjelasan itu disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai isi Sabdaraja seperti yang telah beredar di masyarakat.

Rencana pemberian penjelasan tersebut juga dibenarkan GKR Mangkubumi.

"Ngarso Dalem akan memberikan penjelasan. Nanti sore di rumah saya di Panembahan," katanya.

Sebelumnya, Kamis (7/5/2015), Sultan juga memanggil para Para Rayi Dalem dari Jakarta, di Keraton Kilen Yogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu setengah jam dan tertutup untuk media.

Para Rayi Dalem yang hadir adalah Putra HB IV dari istri KRAY Tjipto Murti yang terdiri dari GBPH Pakuningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Suryodiningrat, GBPH Suryomataram, GBPH Suryonegoro, kecuali GBPH Hadinegoro yang sedang sakit.

Saat dimintai konfirmasi mengenai isi pertemuan, Sri Sultan menolak memberikan keterangan.

"Enggak usah, itu kan internal. Masa saya buka," kata Sultan.

Menantu Sultan, KPH Purbodiningrat membenarkan bahwa Sultan akan memberikan penjelasan mengenai Sabdaraja. Menurutnya, penjelasan itu untuk meluruskan informasi mengenai Sabdaraja yang dinilai tersebar tidak lengkap.

"Ini untuk memberikan penjelasan pada publik agar informasi yang tersebar dapat lengkap," kata Anggota DPRD DIY ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini