News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kandang Tak Layak, Keraton Cemaskan Kerbau Bule Bisa Punah

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KIRAB KERBAU BULE - Sejumlah pawang menenangkan Kerbau Bule keturunan Kyai Slamet saat kirab pusaka memperingati malam 1 Sura di Keraton Kasunanan Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (07/12/2010). Kerbau bule yang dikirab pada tahuin ini keluar mengawali kirab sebelum waktunya.

TRIBUNNEWS.COM.SOLO– Menanggapi kematian Kiai Juki, salah satu koleksi Kerbau Bule keramat keturunan Kiai Slamet milik Keraton Surakarta, Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, Wakil Raja Keraton Surakarta menjelaskan kandang kerbau yang berada di Alun-Alun Selatan sebenarnya sudah tak lagi layak untuk digunakan.

Karena dinilai selain terlalu sempit, posisi kandang yang berada di ruang publik terbuka, juga membuat kawanan kerbau bule tersebut berisiko terkena sakit dengan mudah.

“Bisa dilihat kandang kerbau tersebut berada di ruang publik yang sangat ramai, dan siapapun bisa dengan bebas memberi pakan bagi kerbau. Dan dari Keraton sendiri tidak bisa 24 jam memberi pengawasan terkait hal tersebut,” bebernya.

Kemudian, dari sisi kebersihan kandang pun menjadi sulit terjaga mengingat banyaknya pengunjung Alun-Alun Selatan.

Sehingga siapapun bisa bebas membuang sampah, dan membuat tindakan yang mengganggu ketenangan kawanan kerbau keramat tersebut.

Meski demikian, Gusti Puger mengaku tak bisa berbuat banyak, mengingat kendala dana dan sumber daya manusia dari Keraton Surakarta, yang mengurusi kerbau Kiai Slamet tersebut.

“Saya tak ingin terlalu banyak mengeluh, tapi masalah kerbau itu menjadi prioritas saya untuk segera dicari solusi ke depannya, sehingga kawanan kerbau bule itu tidak punah. Apa disterilkan kawasannya, dan diperlebar kandangnya, atau kita carikan lokasi yang jauh lebih layak untuk habitat kerbau,” jelas Gusti Puger (Joglosemar /Deniawan Tommy Chandra Wijaya)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini