News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT ke 70 RI

70 Pemoles Batu Pancawarna Darson di Garut Berebut Hadiah Rp 70 Juta

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peserta sedang memoles batu akik dalam lomba poles 70 batu Garut pilihan, termasuk Pancawarna Darson, Senin (17/8/2015).

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNNEWS.COM, GARUT - Batu Garut selama ini dikenal sebagai bahan perhiasan bernilai tinggi. Di Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, pemilik Koperasi Batu Garut Lasminingrat Gemstone, Yudi Nugraha, menggelar lomba poles 70 batu Garut pilihan.

Yudi mengatakan sengaja melaksanakan lomba poles batu bersama para pengrajin batu untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Para peserta lomba merupakan masyarakat umum dan para profesional yang berasal dari 42 kecamatan di Garut, totalnya 200 orang.

"Dari 200 orang tersebut, kami pilih 70 orang terbaik untuk memperebutkan total hadiah Rp 70 juta. Mereka akan memoles 70 batu pilihan yang harus dibentuk menjadi liontin dan cincin," ujar Yudi, Senin (17/8/2015).

Yudi mengaku uang hadiah yang diperebutkan dikumpulkan dari pembinaan yang didapatkan selama memenangi kontes. Yudi mengatakan tidak rugi mengeluarkan sejumlah uang tersebut karena untuk menggantinya ia cukup menjual dua batu saja.

"Ini yang dipoles adalah batu dengan kualitas super sehingga setelah dipoles harganya semakin meningkat. Apalagi batu yang dipoles di kontes ini adalah batu yang tengah fenomenal, yaitu jenis Pancawarna Darson," beber dia.

Untuk mengikuti kontes ini, ucap Yudi, para pengrajin harus mengikuti kriteria yang telah ditentukan juri, di antaranya batu tidak boleh jatuh saat pemolesan, para peserta harus teliti dalam proses penghalusan, pengkristalan, dan memasukannya ke dalam ikatan logam.

"Antusias peserta sangat luar biasa, baik saat melakukan penjaringan ataupun saat di final ini. Kita ingin terus memasyarakatkan batu garut agar lebih dikenal lagi di masyarakat dengan kualitasnya yang tidak diragukan," terang Yudi.

Ketua Yayasan Gemstone Indonesia, Suwandi, mengaku sangat mengapresiasi lomba yang digagas Yudi tersebut. Menurut dia hal yang dilakukan ini merupakan cara baik menyambut HUT RI dan juga menggali kreativitas serta memasyarakatkan batu akik.

"Apalagi setelah triwulan pertama pasca-Lebaran ini, trend batu akik diperkirakan naik kembali. Hal ini mengingat batu akik bukanlah barang budidaya yang bisa dikembangbiakkan," kata Suwandi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini