News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Diusir Pejabat KPLP, Wartawan Batam Lakukan Demo

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan wartawan memperlihatkan poster-poster berisi protes pelarangan peliputan Menhub di Kantor Kesatuan Penjaga laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Sabtu (17/10/2015).

Laporan Reporter Tribun Batam, Hadi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, BATAM – ‎Ditolak melakukan Peliputan Menteri Perhuungan Ignatius Jonan, puluhan wartawan di Batam melakukan aksi demo di depan pintu masuk pelabuhan batuampar Batam Kepulauan Riau, Sabtu (17/10/2015).

Aksi demo ini dilakukan berawal saat salah satu Oknum Kesatuan Penjaga laut dan Pantai (KPLP) atas nama Tanjung yang merupakan Kasi Pengamanan Pelabuhan dan Patroli Kanpel Batam mengusir sejumlah wartawan yang ingin meliput kegiatan menteri perhubungan selama di Batam.

Ironisnya pengusiran itu juga dilakukan dengan penghadangan yang dilakukan sejumlah anggota Coast Guard bersenjata lengkap. Bahkan belakangan, oknum KPLP bernama Tanjung itu mengaku larangan ini merupakan perintah dari pihak Kemenhub.

Meski sempat terjadi ketegangan antara wartawan dengan pihak KPLP yang menahan di depan pintu masuk Pelabuhan Batuampar, namun aktivitas di pelabuhan tersebut sama sekali tidak terganggu alias berjalan normal.

"Kami sayangkan perlakuan pihak KPLP bersenjata api menghadang dan mengusir kami. Kami sudah diundang humas menteri untuk meliput, tapi begitu kami datang keapa mereka justru mengusir kami," kata Saugi Sahab, Kontributor Indosiar SCTV yang juga ketua Ikatan Jurnalist Televisi Indonesia (IJTI) Kepri, Sabtu (17/10/2015)‎.

Saugi mengaku, kalaupun dilarang masuk, pihak KPLP bias melakukannya dengan sopan, tidak mesti menggunakan senjata api laras panjang. “Kami ini jurnalis, bukan teroris,” kata Saugi.

Dan atas kejadian ini, Saugi akan melanjutkan kasus ini kepihak yang berwajib. “Pekerjaan kami dilindungi undang-undang, bukan sembarang,” ungkapnya.

Senada juga diungkapkan Andri Sofyan, Kontributor TVRI Pekanbaru yang juga menyesalkan perlakuan Tanjung anggota KPLP Kabpel Bata mini.

“Kami tidak terima diusir-usir gitu aja. Kami bukan wartawan abal-abal. Ini pelarangan kebebasan ‎pers,” kata ujar Andri Sofyan.

Andri mengaku pelarangan peliputan ini merupakan perlawanan terhadap UU No.40 tahun 1999 tentang pers. “Selain melarang kebebasan pers, ini merupakan tindakan tidak manusiawi. Acara kan diselenggarakan oleh Negara dan mereka juga mengundang. Kalau tidak mau diliput, kenapa mengundang kami,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini