News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ribuan Wisatawan Nikmati Libur Panjang di Pulau Sabang

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sabang Diserbu Ribuan
Wisatawan Untuk Liburan

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Muhammad Hadi

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara menyerbu Sabang, Aceh, untuk menikmati keindahan pulau paling barat Indonesia tersebut.

Dhienna Revinna, misalnya, sampai sulit mendapatkan tiket penyeberangan akibat lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke Sabang sementara kapal yang berangkat pada Kamis (24/12/2015) pukul 14.00 WIB dan pukul 16.00 WIB sudah penuh.

"Akhirnya kami dapat kapal KMP BRR yang berangkat pukul 20.00 WIB. Banyak sekali orang-orang ke Sabang yang antre tiket di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Kebanyakan bukan orang Aceh yang mau ke Sabang," ujar Dhienna kepada Serambi Indonesia.

Ia yang berwisata bersama rekannya, Nabila Safira, Lisa Musfirah, Novi Susilawaty, memilih Sabang tujuan berlibur karena pemandangannya indah sekaligus melepaskan penat dari rutinitas kerja.

"Perlu refresing untuk menambah semangat kerja. Rencana besok (Jumat) pulang pukul 08.00 WIB. Jadi harus cepat ke pelabuhan karena antrean sejak 06.00 WIB. Karena Senin masuk kerja lagi," ujar wanita lajang yang bekerja di sebuah bank di Pidie, Aceh.

Dhienna mengaku berwisata di Sabang cukup memuaskan karena menyajikan pemandangan pantai dan berbagai tempat indah sehingga bikin betah pengunjung untuk berlama-lama. Apalagi Sabang dikenal karena penduduknya ramah dan kotanya bersih.

"Tempat wisata di Sabang tak kalah dengan lokasi wisata lain di luar Aceh. Tapi kalau libur panjang ini banyak pengunjungnya dan berpengaruh terhadap naiknya harga transportasi dan penginapan," kata dia sambil mengusulkan agar pemerintah daerah turut berpartisipasi memberi kenyamanan bagi wisatawan.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang ke Pulau Sabang, PT ASDP Indonesia Ferry yang melayani penyeberangan Banda Aceh-Sabang telah menambah jadwal pelayaran kapal lambat hingga empat trip.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Abdurrani, mengatakan mulai Kamis jumlah wisatawan yang berlibur ke Sabang mulai meningkat.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Sabang, ini terlihat dari jumlah penumpang kapal lambat dan kapal cepat yang turun di Pelabuhan Balohan.

"Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah sehubungan dengan menjelang liburan akhir tahun dan tahun baru yang tinggal hanya beberapa hari lagi," ujar dia pada Jumat (25/12/2015).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini