News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kontroversi Gafatar

Gubernur Ganjar Ajak Ngobrol Bekas Pengikut Gafatar: Sekarang Pengennya Bagaimana?

Penulis: Muh Radlis
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyapa ratusan orang bekas pengikut Gafatar yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Senin (25/1/2016).

Dalam kesempatan itu, Ganjar berbincang dan mendengar langsung apa motif sebagian warganya ikut bergabung dengan Gafatar sehingga pergi ke Mempawah.

"Jadi sekarang pengennya bagaimana?" tanya Ganjar kepada seorang bekas pengikut Gafatar asal Wonosobo. "Pengen hidup tenang pak, kembali ke kampung," jawab ibu itu.

Ganjar mengatakan, Pemprov Jateng akan memberikan bantuan pembinaan bagi bekas pengikut Gafatar yang sudah tidak memiliki harta benda.

Banyak bekas pengikut Gafatar yang kembali ke Jawa namun sudah tidak memiliki apa-apa lantaran habis terjual saat akan berangkat ke Mempawah, Kalimantan Barat.

"Mereka bilangnya diajak orang, ada yang sudah sadar betul dan mau pulang ke keluarganya, ada yang tidak tahu. Kalau mau dibina ya kami arahkan," kata Ganjar.

Warga bekas pengikut Gafatar akan didata kemampuan dan seperti apa keinginannya.

"Kalau mereka mau kerja lagi kami bisa bantu, koordinasi dengan Pemkab masing masing. Kita ukur apa maunya, berdagang ya kasih modal usaha, atau mau bertani," kata Ganjar.

Ganjar juga mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial tentang usulan transmigrasi bagi warga bekas pengikut Gafatar.

"Bu Menteri Sosial sudah bicara dengan saya, mau ditransmigrasikan. Kami assesment dulu apa sebenarnya yang diinginkan mereka," sambung Ganjar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini