News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waspada Demam Berdarah

Segera Berobat ke Rumah Sakit Jika Mengalami Gejala DBD

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rachmat Latief.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rachmat Latief mengimbau masyarakat yang mengalami gejala awal DBD seperti demam, untuk segera berobat ke rumah sakit terdekat.

"Yang terpenting saat ini adalah ketika mengalami gejala awal yang berpotensi DBD, harus segera mendapatkan penanganan, diagnosanya urusan belakangan," ujar Rachmat Latief, Kamis (4/2/2016).

Dinkes Sulsel juga telah berkoordinasi dengan semua pemerintah kabupaten/kota untuk menyediakan fasilitas kesehatan memadai untuk penderita DBD.

"Kita sudah koordinasi ke tiap daerah untuk menyediakan fasilitas untuk menangani pasien yang mengalami DBD," ungkapnya.

Fasilitas kesehatan yang mesti terpenuhi menurut Rachmat mencakup ketersediaan tenaga medis mulai dari perawat hingga dokter, serta ketersediaan fasilitas seperti ruang perawatan.

"Dinas Kesehatan sudah melakukan antisipasi terkait pembiayaan pembelian obat, dan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk untuk opname," kata dia.

Rachmat menuturkan, DBD adalah penyakit yang langsung menyerang sistem cairan tubuh, sehingga membuat pasien penderita DBD shock.

Untuk itu ia meminta orang yang mengalami gejala awal DBD sebaiknya langsung saja ke RS untuk segera ditangani oleh dokter.

"Kekurangan cairan tubuh secara berlebihan menjadi pemicu penderita DBD tidak dapat tertolong, jadi jika sudah ada gejala, segera ke rumah sakit," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini