News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bencana Banjir 2016

Ini Penyebab Banjir Terjadi di Pinggiran Sungai Bandar Lampung

Penulis: Wakos Reza Gautama
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hujan deras yang mengguyur Kota Bandar Lampung pada Selasa (9/2/2016) mengakibatkan banjir di beberapa titik. Salah satunya Kelurahan Jagabaya I, Kecamatan Way Halim.

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Wakos Gautama

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Banjir yang terjadi di wilayah Bandar Lampung pada Selasa (9/2/2016) sore, menimpa wilayah yang berada di pinggiran aliran sungai.

Berdasarkan pantauan Tribun Lampung, setidaknya ada tiga tempat daerah aliran sungai yang terendam banjir. Pertama adalah Lingkungan II, Kelurahan Jagabaya I, Kecamatan Way Halim. Di daerah ini ada aliran sungai Way Awi.

Kepala lingkungan, Kemiran, mengatakan banjir selalu terjadi bila hujan deras mengguyur daerahnya. Selain itu karena sungai mendangkal dan jembatannya terlalu rendah.

"Sehingga banjir selalu terjadi di daerah kami,” terang Kemiran sambil berharap pemerintah daerah bertindak mengatasi banjir di wilayahnya.

Dua daerah lainnya yang terkena banjir adalah daerah yang berada di pinggiran sungai Kali Balau. Pertama di Jalan Arif Rahman Hakim, Lingkungan XII, RT II, Kelurahan Kali Balau Kencana, Kecamatan Sukabumi.

Menurut Sakri, wilayahnya ini juga langganan banjir karena sungai mendangkal dan adanya pengerukan lahan di samping sungai untuk ditinggikan.

Akibatnya, air sungai yang meluap akibat hujan deras masuk ke kampungnya.

Sakri sudah sering mengadukan masalah ini ke pemerintah namun tidak ada tindakan. “Kami berharap ada solusinya,” ucap dia.

Wilayah lain yang dilewati sungai Kali Balau adalah Jalan Ridwan Rais, Gang Ainan, Kelurahan Kali Balau Kencana, Kecamatan Kedamaian. Menurut Ating, warga setempat, wilayahnya selalu langganan banjir ketika hujan deras.

Ating menengarai banjir terjadi karena pendangkalan sungai. Ia berharap pemerintah daerah mengambil tindakan untuk mengatasi banjir di wilayahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini