News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Progres Jembatan Musi IV, Masih Sibuk Pasang Tiang Pancang

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Paku bumi Jembatan Musi IV

Progres Jembatan Musi IV Masih Sibuk Pasang Tiang Pancang

TRIBUNNEWS.COM,  PALEMBANG --- Progres pengerjaan proyek Jembatan Musi IV, hingga kini masih belum menunjukan perubahan.

Bahkan pengerjaan jembatan yang membelah perairan Sungai Musi dari Seberang Ulu ke Seberang Ilir ini masih dalam tahap awal yakni pasang paku bumi.

Dari pantauan Sripoku.com Senin (9/5/2016), tampak kawasan Kelurahan 3 Ilir yang menjadi titik awal Jembatan Musi IV, pekerja dari kontraktor Adhi beyond contruction, masih sibuk melakukan pengerjaan pemasangan paku bumi atau tiang pancang yang ditancapkan pada dasar tanah yang dijadikan pondasi jembatan.

Tampak pekerja kontraktor dengan menggunakan alat berat, sibuk menancapkan paku bumi yang memiliki panjang sekitar 12-15 meter ke dasar tanah dengan cara ditumbuk.

Bukan hanya satu dan dua paku bumi yang ditancapkan, namun hingga empat batang paku bumi yang ditancapkan dengan kedalaman sekitar 35-40 meter dari permukaan tanah.

Sedangkan untuk wilayah Seberang Ulu tepatnya di kawasan 14 Ulu, dari pantauan belum terlihat aktifitas pengerjaan dari pihak kontraktor.

Namun wilayah yang terkena proyek Jembatan Musi IV, sudah disterilkan dengan dipasangi pagar seng keliling di lokasi proyek.

Sebelumnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional (BBJN) III Azwar Edhi mengatakan, pekerjaan proyek Jembatan Musi IV sudah dimulai pada akhir Januari lalu.

Sementara ini baru wilayah seberang ilir yang sudah mulai dipasang tiang pancang.

Pengerjaan fisik telah sesuai dengan perencanaan awal mengingat pemerintah telah merampungkan pembebasan lahan seluas 1,7 hektare pada Desember lalu yang menggunakan dana APBN sekitar Rp30 miliar.

Tentunya saat ini yang sedang dilangsungkan pembangunan fisik, maka seluruh warga yang mendiami kawasan tersebut harus meninggalkan lokasi.

Jembatan Musi IV direncanakan akan dibangun untuk sisi ulu di Kelurahan 14 Ulu, Sungai Kangkang, dan sisi ilir di kawasan Pasar Kuto dengan panjang 635 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 16,88 meter yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan.

Jembatan Musi IV akan berbentuk extradosed (jembatan kabel) dan dinyakini memiliki kontruksi badan jembatan yang lebih kuat dengan mengeluarkan dana sebesar Rp518 miliar.

Pembangunan jembatan ini untuk mengurangi beban Jembatan Ampera yang sementara ini menjadi satu-satu akses menuju Kompleks Olahraga Jakabaring (Jakabaring Sport City).(Welly Hadinata)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini