News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2016

Ada Pemudik Teriak-teriak di Tol Brebes, Bahkan Tinggalkan Mobil

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kemacetan parah di Brebes Timur, Jumat (1/7/2016).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau Minggu (3/7/2016) volume kendaraan di pantura Brebes dari arah Jakarta meningkat tajam.

Pada Sabtu (2/7/2016) volume kendaraan sudah meningkat hingga 500 persen dibanding hari normal.

Akibatnya, penumpukan kendaraan di sepanjang jalur pantura Cirebon-Brebes-Tegal pun terjadi. Kendaraan hanya bisa melaju 50 meter setiap setengah jam sekali.

Jalur Pantura Cirebon-Brebes kemarin pagi hingga petang nyaris lumpuh. Ratusan tibu kendaraan terjebak macet tak bergerak di ruas jalur Kanci Cirebon Jawa Barat hingga memasuki Brebes Kota Jawa Tengah.

Menurut Darmadi (55) pemudik asal Jakarta Pusat mengaku sudah terjebak kemacetan saat dalam perjalanan mulai dari Cirebon hingga ke Brebes.

"Saya masuk Kanci Cirebon jam 22.00 malam, baru sampai Pejagan sekitar pukul 10.00 siang tadi. Jadi ya sekitar 12 jam-an," kata Darmadi.

Saat memasuki wilayah pantura Brebes, kata dia, kemacetan juga terjadi hingga ke pantura Brebes-Tegal. Bahkan laju kendaraan tidak sampai 10 kilometer per jam.

"Pokoknya tadi malam kemacetan terjadi selepas pintu keluar tol Kanci-Cirebon. Kemungkinan kemacetan diperkirakan mencapai 60 kilometer lebih sepanjang jalur pantura Kanci-Cirebon hingga memasuki Brebes kota," jelas dia.

Para pemudik pun mulai gusar dan marah dengan kondisi kemacetan di sepanjang jalur pantura Cirebon-Brebes-Tegal.

"Saya lelah mas, capek macet kaya begini. Bosan duduk di dalam mobil plonga-plongo kesana kemari. Maunya saya tinggal saja mobil ini dan pulang ke Solo naik kereta saja," ungkap dia.

Sementara sebelum pintu keluar Tol Brebes Barat dan Brebes Timur antrean kendaraan mengular sepanjang 40 kilometer sampai ke jalur pantura Suradadi di Kabupaten Tegal. Kendaraan hanya bergerak setiap sepuluh menit sekali.

Sedangkan di ruas tol Pejagan-Brebes Timur antrean kendaraan yang didominasi mobil pribadi mengular sepanjang 20 kilometer hingga ke pintu Tol Pejagan.

Kemacetan panjang di jalur pantura Jateng terus terjadi hingga Senin (4/6/2016) dini hari. Informasi yang berhasil dihimpun, ada seorang pemudik mengalami depresi dan stres akibat terjebak kemacetan tersebut.

Saat dijemput tim medis di tengah kemacetan di jalan Pantura Kolonel Sugiono Tegal Kota, pengemudi itu terus berteriak-teriak. Pihak keluarga, kemudian meminta pertolongan ke posko mudik lebaran terdekat.

Pria yang mengalami depresi itu masih dalam penanganan Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini