News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soal Full Day School, Guru Sebatas Tahu Jam Belajar Bertambah

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Meski telah mengetahui adanya rencana penerapa sistem full day school, namun SMP 49 Negeri Kota Bandung belum mengetahui tentang teknis pelaksanaanya.

Sejauh ini para guru hanya mengetahui jika kegiatan belajar dan mengajar (KBM) akan bertambah hingga sore dengan sistem yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

“Kami sendiri belum tahu kapan pelaksanaanya, sejauh ini masih kabar saja yang kami dapat. Belum ada petunjuk atau sosialiasi tentang gagasan tersebut,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang kurikulum SMP Negeri 49 Kota Bandung, Wawan Ridwanwidjaja, ketika ditemui di kantornya, Selasa (9/8/2016).

Wawan mengatakan, pihaknya mendukung gagasan tersebut jika memang akan dilaksanakan. Namun ia berharap menteri tidak terburu-buru menerapkan gagasan tersebut.

Sebab masih banyak kebijakan menteri sebelumnya yang belum terlaksana secara benar. Selain itu, kata dia, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan jika setiap sekolah menerapkan sistem full day school.

“Kebijakan menteri sebelumnya juga kami masih dikejar-kejar untuk menyelesaikan penerapan kurikulum 2013. Itu belum selesai, sudah ada tugas baru untuk menerapkan program sekolah full day,” kata Wawan.

Wawan mengatakan, mestinya perbaikan sistem pendidikan dilakukan secara bertahap. Menurutnya, satu persatu proram pendidikan diselesaikan agar tidak terjadi penumpukan program.  

“Sekolah ini kan kaitannya dengan makhluk hidup, tidak selamanya guru itu menghabiskan waktunya di sekolah, apalagi di sini mayoritas ibu-ibu. Kalau sampai sore kemungkinan banyak guru yang keberata,. Tapi yang namanya prajurit di bawah ketika ada pelaksaan mau tidak mau akan ikut,” kata Wawan. (cis)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini