News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Operasi Pemberantasan Pungli

Antisipasi Calo dan Pungli, Begini Gebrakan Satlantas Polrestabes Bandung

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga antre disalah satu loket penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Satpas SIM Polda Metro Jaya Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (4/8/2014). Hari pertama setelah libur Lebaran, permohonan pengajuan SIM meningkat tajam dibandingkan hari-hari biasa. Warta Kota/angga bhagya nugraha

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Satlantas Polrestabes Bandung membuka posko pengaduan di tempat pembuatan SIM, guna mencegah praktik calo dan pungutan liar.

"Mengantisipsi pungli kami pasang spanduk dan bikin posko agar tidak ada lagi dan tidak ada yang buat SIM lewat calo," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono, di Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (19/10/2016).

Tak hanya pencegahan, posko ini berfungsi sebagai tempat pengaduan masyarakat. Masyarakat yang dimintai uang atau membayar biaya pembuatan SIM lebih mahal bisa mengadu ke pos tersebut.

"Untuk biaya pembuatan SIM kami sesuaikan aturan. Jadi tidak lebih dari itu. Nah kalau ada yang merasa kemahalan, laporkan saja," sambung Asep.

Diakui Asep, pos pengaduan baru dibuat Sabtu kemarin. Hal itu merespon instruksi Kapolri yang memerangi kegiatan pungli dan praktik percaloan terutama dalam pembuatan SIM.

"Jadi setiap pemohon harus datang sendiri dan proses sesuai peraturan. Bawa KTP dan surat keterangan dokter baru daftar ke loket," kata Asep.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini