News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dahlan Iskan Tersangka

Upaya Dahlan Iskan untuk Bebas Lewat Praperadilan Kandas

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dahlan Iskan

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Upaya yang dilakukan Dahlan Iskan untuk menggugurkan status tersangka dalam kasus dugaan korupsi aset PT Panca Wira Usaha (PWU) berakhir kandas.

Kepastian itu setelah hakim tunggal Ferdinandus SH menolak praperadilan mantan Menteri BUMN di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (24/11/2016).

Dalam amar putusannya, Ferdinandus menilai penetapan tersangka Dahlan Iskan sudah sesuai prosedur.

Selain penetapan tersangka, Ferdinandus juga menyatakan penerbitan dua surat perintah penyidikan (sprindik) dan proses pemanggilan Dahlan Iskan sah dan sesuai hukum yang berlaku.

"Alat bukti surat dan adanya keterangan saksi yang telah diperiksa, sehingga penetapan tersangka terhadap pemohon (Dahlan Iskan) adalah sah," tandas hakim Ferdinandus saat membaca amar putusannya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dari beberapa pertimbangan yang ada, sidang yang digelar hakim di ruang Cakra, memutuskan menolak seluruh permohonan praperadilan yang diajukan mantan Dirut PT PLN itu.

"Mengadili, menyatakan dalam pokoknya menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya," tandas Ferdinandus.

Ditolaknya praperadilan yang diajukan, Dahlan tak lama lagi akan diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya. Sesuai jadwal yang ada, sidang perdana akan digelar 29 November besok.

"Surat panggilan sidang dan dakwaan sudah diterima oleh terdakwa," kata Kasi Pidsus Kejari Surabaya, Roy Revalino.

Dalam kasus dugaan korupsi aset PT PWU, penyidik Pidsus Kejati Jatim menetapkan Dahlan Iskan sebagai tersangka sejak Oktober 2015 lalu.

Perusahaan milik Pemprov Jatim itu dianggap mengalami kerugian negara atas penjualan aset-asetnya, di antaranyabdi Kediri dan Tulungagung.

Posisi Dahlan saat itu menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT PWU sejak 2000-2010. Akibat posisi yang disandang, Dahlan harus bertanggung jawab dalan penjualan aset di dua daerah itu.

Sebelum Dahlan dijerat sebagai tersangka, penyidik menetapkan mantan Kepala Biro Aset PWU, Wishnu Wardhana sebagai tersangka dan kini ditahan di Rutan Kelas I Medaeng.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini