News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jadi Bripda Gusti Errin Venia Bangga Terpilih Menjadi LO untuk Negara Argentina

Penulis: Budi Rahmat
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bripda Gusti Errin Venia dalam suatu kegiatan sebagai LO.

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat
TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU- Bripda Gusti Errin Venia personel Satuan Lalu Lintas Polres Indragiri Hilir terpilih menjadi Liaison Officer (LO) untuk negara Argentina.

Polwan lulusan Sepolwan tahun 2014 ini kini menjadi penghubung antar negara.

Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung, Rabu (30/11/2016) turut menyampaikan rasa bangganya pada Polwan yang akrab disapa Venia tersebut.

Diceritakan Dolifar Manurung, Bripda Gusti Errin Venia terpilih menjadi LO untuk negara Argentina dalam sidang umum Interpol ke-85 yang digelar pada tanggal 7 sampai 10 November 2016 di Bali Nusa dua Convention center, Bali.

Dikatakannya, sidang umum ke-85 tersebut mengangkat Tema “Setting a Global Roadmap For International Policing“.

"Bripda Gusti Errin Venia anggota Satuan Lalu lintas Polres Inhil terpilih menjadi LO untuk negara Argentina yang merupakan salah satu delegasi dari 190 negara anggota Interpol yang menghadiri Sidang Umum tersebut,"papar Dolifar Manurung.

Ditambahkan Dolifar, merupakan suatu kebanggaan pula bagi Indonesia karena terpilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan sidang ke-85 tersebut.

Diharapkan semakin menjalin hubungan kepolisian antar negara guna mengungkap kejahatan lintas negara (Transnational Crimes).

Sebab kejahatan lintas negara sudah berkembang menjadi tindak pidana yang terorganisasi yang dapat dilihat dari lingkup, karakter, modus operasi, dan pelakunya yang mengharuskan negara-negara lain berperan demi terungkapnya tindak pidana tersebut.

"Kepala Tim delegasi Argentina Sr. Roncaglia, Nestor sangat bangga saat mengetahui bahwa Liaison Officer yang mengawal mereka adalah seorang Polwan yang masih berusia 20 Tahun dan dapat berkomunikasi bahasa Inggris secara aktif. "

"Salam Terbaik serta ucapan Terimakasih diucapkan Kepala Tim delegasi Argentina Sr. Roncaglia, Nestor ini atas pelayanan transfer service, pengaturan jadwal bilateral meeting, operasional, disposisi waktu dan keamanan yang telah diberikan. Ucapan itu dia kirimkan melalui sebuah email," ungkap Dolifar Manurung.

Venia sendiri menurut Dolifar juga sudah bercerita melalui email yang dikirimkan pada Polres Inhil.

Menurut Venia dalam surat elektroniknya, menjadi seorang LO tidaklah mudah.

Untuk mengukir sebuah prestasi itu diperlukan sebuah pengorbanan.

Mengikuti serangkaian tes di tingkat Polda, Mabes Polri dan harus bersaing dengan anggota Polri di seluruh Indonesia serta harus mampu conversation active (percakapan aktif) menggunakan bahasa Inggris.

“Saya sangat bersyukur, karena diberikan kesempatan yang bisa dikatakan “Once In a Life Time“. Bahasa merupakan jendela dunia, kembangkanlah dan maksimalkan belajar bahasa, maka kamu akan menguasai dunia," demikian Venia menulis.

Masih dalam emailnya,Venia menambahkan keberhasilan menjadi seorang Liaison Officer tidak lepas dari dukungan Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung yang selalu memberikan motivasi untuk terus belajar dalam setiap arahan apel paginya.

Disamping itu, keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran orang tua yang memberi semangat dan dorongan untuk terus berprestasi.

"Ini sebuah kebanggan bagi Polres Inhil dan tentunya Indonesia secara keseluruhan," ujar Dolifar Manurung.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini