News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Meski Sudah Tua, Abah Uju Tetap Keliling Kampung Pinjamkan Buku ke Anak-anak

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Abah Uju membonceng Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dengan sepeda baru, Rabu (8/2/2017). TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengintruksikan seluruh aparatur sipil negara menyumbangkan buku yang sudah tidak dibaca.

Buku-buku sumbangan itu akan didistribusikan ke seluruh kantor pemerintahan desa dan kelurahan di Purwakarta sebanyak 192 desa. Kemudian, disebar ke petugas linmas di setiap desa.

"Buku-bukunya akan diserahkan ke petugas linmas di desa untuk kemudian dipinjamkan keliling kampung ke warga sekitar menggunakan sepeda," ujar Dedi di Pendopo Pemkab Purwakarta, Rabu (8/2/2017).

Cara itu ia akui terinspirasi dari Abah Uju (68), pustakawan keliling dari Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, yang sejak 1988 keliling kampung dengan jalan kaki dan bersepeda meminjam-minjamkan buku kepada anak-anak.

"Saya terinspirasi dari Abah Uju, dia masih semangat keliling kampung pinjam-pinjamkan buku ke generasi muda supaya gemar membaca jalan kaki pakai sepeda," ujar Dedi.

Ia akan menganggarkan pembelian sepeda untuk petugas linmas di desa untuk melakukan hal yang biasa dilakukan Abah Uju.

"Petugas linmas desa juga kerjanya tidak terlalu padat, bisa lakukan hal yang sama seperti si Abah Uju, berbagi kebaikan keliling kampung," Dedi menambahkan.

Abah Uju saat ini ditugaskan Bupati membuat suling. Pada akhir pekan, Abah Uju tetap menjalani rutinitas keliling kampung meminjam-minjamkan buku.

"Sehari kalau akhir pekan keliling kampung sejauh 15 kilometer, masih pinjam-pinjamkan buku ke anak-anak muda, anak-anak dan orang tua," kata Abah Uju.

Pada kesempatan itu, Abah Uju diberi sepeda mountain bike oleh Dedi seharga Rp 4 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini