News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KM Mutiara Terbakar

Sebelum Berlayar Kondisi KM Mutiara Sentosa 1 Sudah Uji Petik

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KM Mutiara Sentosa 1 saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, beberapa waktu lalu. DOKUMENTASI TRIBUN JATIM

Laporan Wartawan Surya, Anas Miftakhudin

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - KM Mutiara Sentosa I yang terbakar di perairan Masalembu, Jumat (19/5/2017), kondisinya baik dan usai menjalani uji petik sebelum berlayar.

Uji petik adalah pengecekan keseluruhan kapal untuk memastikan kondisinya layak untuk berlayat. Di perairan masalembu kapal terbakar akibat ledakan tabung gas di dalam mobil salah satu penumpang.

"Kondisi kapal bagus. Sebelum berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Balikpapan habis menjalani uji petik," ujar Kabid Penjagaan Patroli dan Penyidikan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Edi Sumarsono, di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak, Sabtu (20/5/2017).

Ia memastikan KM Mutiara Sentosa I tidak ada masalah dalam rute perjalanan mengarungi lautan.

Menurut Edi kesalahan yang terjadi bukan dari kapal. Diduga api yang memercik dari gas yang meledak di dalam mobil kemudian menjalar sampai ke dek kapal lalu membakar barang-barang lainnya.

"Kebakaran yang terjadi di luar kemampuan kapal. Sebenarnya ada ketentuan kendaraan yang ada di kapal tidak boleh menyalakan mesin, aki dilepas, dan bahan bakar dikurangi. Ini yang akan diselidiki," sambung Edi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini